PUPUT, CHUSWATUN H CHAN (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpiikir Kreatif Peserta didik.Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (quasy experimental research) dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK SMTI Bandar Lampung, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X APL. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas X APL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X APL 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik serta lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t (t-test).Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pada variable kemampuanberpikir kreatif thitung > ttabel sebesar 5,58> 2,0. Kemudian keefektifan model Reciprocal Teaching diketahui dengan uji effect size yaitu memperoleh nilai d = 1,3, hasil ini interprestasikan dengan tabel effect size diperoleh bahwa model Reciprocal Teaching ini memberi pengaruh kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, artinya menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching efektif dalam meningkatkan keterampilan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci :Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, KemampuanBerpikirKreatif,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 08:25 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 08:25 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21104 |
Actions (login required)
View Item |