PENGARUH METODE SILENT WAY BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS IV DI MI DINYYAH PUTRI LAMPUNG

Astrid, Fadhila Utami (2022) PENGARUH METODE SILENT WAY BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS IV DI MI DINYYAH PUTRI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Hal Depan Bab 1&5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Para ahli Pendidikan sejak dulu hingga sekarang tidak berhenti meneliti metode-metode untuk mengembangkan dan meningkatkan proses pembelajaran, sangat terlihat bahwa selalu ada upaya berkesinambungan untuk menghasilkan metode mengajar yang lebih baik lagi. Hasil dari pra penelitian di MI Diniyyah Putri Lampung siswa kelas IV diketahui bahwa hasil belajar masih banyak yang belum memenuhi standar KKM yang ditetapkan, maka dari itu perlu pembaharuan metode pembelajaran yang mampu mememnuhi kekeurangan dari rendahnya hasil belajar. Seperti Metode Silent Way yang di terapkan pada penelitian terdahulu membuahkan hasil yang efektif untuk pembelajaran Bahasa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada Metode Silent Way berbantu media gambar terhadap hasil belajar Bahasa Arab . Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain dengan tipe pretest dan postest, Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini ialah non equivalent control grup design.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa tes pilihan ganda dan essay, lalu dalam uji intstrumen menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembelda. Dalam penelitian ini untuk uji analisis data menggunajan uji T Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data menggunakan uji hipotesis (uji-t).diperoleh Thitung = 6.163 dan Ttabel = 1.683 dengan taraf signifikasi 5%. Karena Thitung > Ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan Metode Silent Way berbantu media gambar terhadap hasil belajar Bahasa Arab peserta didik kelas IV MI Diniyyah Putri Lampung. Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Silent Way iii ABSTRACT Education experts from the past until now have not stopped researching methods to develop and improve the learning process, it is very visible that there are always continuous efforts to produce better teaching methods. The results of the pre-research at MI Diniyyah Putri Lampung for fourth grade students showed that there were still many learning outcomes that did not meet the specified KKM standards, therefore it was necessary to renew learning methods that were able to meet the shortcomings of low learning outcomes. Like the Silent Way method that was applied in previous research, it produced effective results for language learning. The purpose of this study is to determine the significant effect of the Silent Way method with the help of image media on Arabic learning outcomes. This research is a quantitative research with a quasi�experimental design method with pretest and posttest types, the technique in sampling in this study is the non-equivalent control group design. validity test, reliability test, difficulty level test, and distinguishing power. In this study, to test data analysis using the T . test Based on the results of analysis and data processing using hypothesis testing (t-test). It was obtained that Tcount = 6.163 and Ttable = 1.683 with a significance level of 5%. Because Tcount > Ttable, then H1 is accepted and H0 is rejected, this proves that there is a significant effect of the Silent Way method with the help of picture media on the Arabic language learning outcomes of fourth grade students at MI Diniyyah Putri Lampung. Keywords: Learning Outcomes, Silent Way Method

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:25
Last Modified: 27 Sep 2022 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21013

Actions (login required)

View Item View Item