IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

KINANTI, OKFI SAFITRI (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1 & 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan yang bermutu merupakan harapan dan dambaan bagi masyarakat. Sejalan dengan pesatnya tingkat perkembangan saat ini, maka tuntutan akan ketersediaan sumber daya manusia semakin tinggi. Dengan demikian, kualitas yang memadai dan output merupakan suatu yang harus dihasilkan oleh sekolah maupun madrasah sebagai satuan pendidikan yang bertujuan dasarnya adalah menyiapkan manusia-manusia berkualitas baik secara intelektual maupun perannya dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu, baik nya pihak sekolah maupun madrasah harus senantiasa memperbaiki mutu pendidikan di lembaga pendidikan nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam mengenai implementasi manajemen mutu pendidikan. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data penelitian yaitu sumber data primer yang ditetapkan oleh peneliti adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru di MTs Negeri 1 Bandar Lampung dan sumber data sekunder berupa bahan pustaka, literatur, penelitian terdahulu, buku, dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi di MTs Negeri 1 Bandar Lampung. Analisis yang penelitian gunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian menggunakan uji keabsahan data atau triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan pada standar proses di MTs Negeri 1 Bandar Lampung telah di lakukan dengan baik hal ini dapat di buktikan dengan hasil penelitian yaitu: 1. Perencanaan pembelajaran di MTs Negeri 1 Bandar Lampung telah mengacu pada silabus yang telah di kembangkan, mengarah pada pencapaian kompetensi, dan mendapatkan evaluasi dari kepala sekolah dan pengawas sekolah. 2. Pelaksanaan mutu pendidikan pada standar proses di MTs Negeri 1 Bandar Lampung telah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan kemampuan sekolah dalam membentuk rombongan belajar dengan jumlah siswa sesuai ketentuan , iii mengarah pada penggunaan pendekatan ilmiah, melakukan pembelajaran berbasis kompetensi, memberikan pembelajaran terpadu, melaksanakan pembelajaran menuju pada keterampilan aplikatif, mengakui atas perbedaan individual dan latar belakang budaya siswa , menerapkan metode pembelajaran sesuai karakteristik siswa, dan memanfaatkan media pembelajaran dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. 3. Evaluasi mutu pendidikan pada standar proses di MTs Negeri 1 Bandar Lampung telah berjalan dengan baik, hal ini di buktikan dengan melakukan pemantauan proses pembelajaran dan melakukan supervisi proses pembelajaran kepada guru. 4. Tindak lanjut mutu pendidikan pada standar proses di MTs Negeri 1 Bandar Lampung telah berjalan dengan baik, hal ini di buktikan dengan melakukan penilaian otentik secara komprehensif dan menindak lanjuti hasil pengawasan proses pembelajaran. Penulis juga merekomendasikan bahwa kepala sekolah di harapkan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran pada tindak lanjut dengan berfokus pada pemberian pelatihan yang berbasis teknologi agar guru-guru di MTs Negeri 1 Bandar Lampung dapat bekerja lebih efektif dan efesien saat pembelajaran berlangsung sedangkan Kepada guru agar selalu memberikan motivasi-motivasi yang dimiliki baik itu dari dalam maupun dari luar diri dan guru juga agar selalu memberikan dorongan untuk melakukan yang terbaik dalam mengenmbangkan keterampilan serta selalu berinovasi melakukan tugasnya. Kata Kunci: Manajemen Mutu Pendidikan, Standar Proses iv ABSTRACT Education is very important in improving the quality of Human Resources (HR), quality education is the hope and dream of the community. In line with the current rapid level of development, the demand for the availability of human resources is getting higher. Thus, adequate quality and output is something that must be produced by schools and madrasas as educational units whose basic aim is to prepare quality humans both intellectually and their role in community life. For this reason, both schools and madrasas must always improve the quality of education in their educational institutions. This study aims to find out and examine more deeply the implementation of education quality management. The methodology in this study uses a descriptive qualitative type of research, the research data sources are primary data sources determined by the researchers are the Principal, Curriculum Deputy, and Teachers at MTs Negeri 1 Bandar Lampung and secondary data sources in the form of library materials, literature, previous research, books , and so forth. This study used interview, observation and documentation data collection techniques at MTs Negeri 1 Bandar Lampung. The analysis that the research uses is data reduction, data presentation and data verification. This research uses data validity test or technique triangulation. The results of this study indicate that the implementation of Education Quality Management on the standard process at MTs Negeri 1 Bandar Lampung has been done well. develop, lead to the achievement of competencies, and get evaluations from school principals and school supervisors. 2. The implementation of the quality of education on the standard process at MTs Negeri 1 Bandar Lampung has been going well, this is evidenced by the ability of schools to form study groups with the number of students according to the provisions, leading to the use of a scientific approach, conducting competency-based learning, providing integrated learning, carry out learning towards applicative skills, acknowledge individual differences and students' cultural backgrounds, apply learning methods according to student characteristics, and utilize v learning media in increasing the efficiency and effectiveness of learning. 3. Evaluation of the quality of education on the standard process at MTs Negeri 1 Bandar Lampung has been going well, this is proven by monitoring the learning process and supervising the learning process to teachers. 4. The follow-up of the quality of education on the standard process at MTs Negeri 1 Bandar Lampung has been going well, this is proven by conducting a comprehensive authentic assessment and following up on the results of the supervision of the learning process. The author also recommends that the principal is expected to optimize the learning process in the follow-up by focusing on providing technology�based training so that teachers at MTs Negeri 1 Bandar Lampung can work more effectively and efficiently during learning, while for teachers to always provide motivation- The motivation that is owned both from within and from outside the self and the teacher is also to always provide encouragement to do the best in developing skills and always innovate in carrying out their duties. Keywords: Education Quality Management, Process Standard

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:13
Last Modified: 21 Sep 2022 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20941

Actions (login required)

View Item View Item