EFEKTIVITAS PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING TERHADAP MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI FISIKA

Indra, Nurcahya (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING TERHADAP MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI FISIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Indra Nurcahya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan proses pembelajaran terdapat proses pentransferan ilmu dari pendidik ke peserta didik, sehingga peserta didik dapat memahami konsep pada materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran Computational Thinking terhadap Miskonsepsi peserta didik pada materi fisika. Untuk mengukur tingkat Miskonsepsi peserta didik dilakukan tes berupas soal pilihan ganda berbentuk four tier berjumlah 13 soal pada materi usaha dan pesawat sederhana. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan desain non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 14 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Computational Thinking terhadap penurunan Miskonsepsi dengan effect size sebesar 0.379 yang termasuk dalam ketegori sedang. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa kelas eksperimen lebih berpengaruh terhadap penurunan Miskonsepsi dibandingkan dengan kelas kontrol, dilihat dari presentase penurunan Miskonsepsi kelas eksperimen sebesar 13% dari 47%, sedangkan kelas kontrol 15% dari 30%. Secara keseluruhan penerapan pendekatan pembelajaran Computational Thinking efektif terhadap remediasi Miskonsepsi peserta didik dengan effect size sebesar 0.379 yang termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci : Pendekatan Computational Thinking, Miskonsepsi iv ABSTRACT In the learning process, there is a process of transferring knowledge from educators to students, so that students can understand the concepts in the material presented. This study aims to determine the effectiveness of the Computational Thinking approach to misconceptions studentsTo measure the level misconceptions of students' four tiers totaling 13 questions on business materials and simple planes. The type of research that has been carried out in this study is a quasi�experimental design with a non-equivalent control group design. The population in this study were all students of class VIII SMP N 14 Bandar Lampung. The sampling technique used was purposive sampling. With class VIII F as the experimental class and class VIII I as the control class. The results showed that the application of the Computational Thinking to reducing misconceptions with an effect size of 0.379 was included in the medium category. Based on the results of data analysis that has been carried out, the experimental class has more influence on reducing misconceptions compared to the control class, seen from the percentage decrease in misconceptions the experimental class by 13% from 47%, while the control class by 15% from 30%. Overall, the application of the Computational Thinking is effective for remediation misconceptions of students effect size of 0.379 which is included in the medium category. Keywords: Computational Thinking, Misconception

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:08
Last Modified: 08 Sep 2022 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20839

Actions (login required)

View Item View Item