PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS TEKNOLOGI MACROMEDIA ADOBE FLASH 8

Rika, Agustina Sari (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS TEKNOLOGI MACROMEDIA ADOBE FLASH 8. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Rika Agustina Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis teknologi Macromedia Adobe Flash 8 pada pembelajaran Fisika di SMA materi fluida statis, (2) untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran berbasis teknologi Macromedia Adobe Flash 8 pada pembelajaran Fisika di SMA materi fluida statis, (3) untuk mengetahui respon pendidik multimedia pembelajaran berbasis teknologi Macromedia Adobe Flash 8 pada pembelajaran Fisika di SMA materi fluida statis, (4) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap multimedia pembelajaran berbasis teknologi Macromedia Adobe Flash 8 pada pembelajaran Fisika di SMA materi fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Metode penelitian pengembangan Borg and Gall sampai pada tahap ke tujuh, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, perbaikan desain, validasi produk, uji coba produk, dan yang terakhir revisi produk. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Hasil penelitian ini berupa multimedia pembelajaran berbasis teknologi Macromedia Adobe Flash 8 pada pembelajaran fisika khususnya pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Hasil validasi produk oleh ahli media 86%, ahli materi 88%, dan ahli IT 95%. Uji coba produk kepada pendidik diperoleh nilai rata-rata sebesar 92%. Hasil uji coba skala kecil kepada peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 87%, dan uji coba lapangan 88%. Multimedia pembelajaran berbasis teknologi Macromedia Adobe Flash 8 yang telah dikembangkan sangat layak dan sangat menarik digunakan untuk media pembelajaran fisika. Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, Macromedia Adobe Flash 8, Fluida Statis. iii ABSTRACT This study aims to: (1) develop learning multimedia based on Macromedia Adobe Flash 8 technology in physics learning in high school with static fluid material, (2) to find out multimedia learning based on Macromedia Adobe Flash 8 technology in physics learning in high school with static fluid material, (3 ) to determine the response of educators to multimedia learning based on Macromedia Adobe Flash 8 technology on physics learning in high school with static fluid material, (4) to determine student responses to learning multimedia based on Macromedia Adobe Flash 8 technology in physics learning in high school with static fluid material. This research is a research and development (Research and Development). Metode penelitian pengembangan Borg and Gall sampai pada tahap ke tujuh, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, perbaikan desain, validasi produk, coba produk, dan yang terakhir revisi produk. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket. The results of this study are multimedia learning based on Macromedia Adobe Flash 8 technology in physics learning, especially in static fluid material for students in class XI SMA/MA. Product validation results by media experts 86%, material experts 88%, and IT experts 95%. Product trials to educators obtained an average value of 92%. The results of small-scale trials to students obtained an average score of 87%, and field trials of 88%. Multimedia learning based on Macromedia Adobe Flash 8 technology that has been developed is very feasible and very interesting to use for physics learning media. Keywords: Multimedia Learning, Macromedia Adobe Flash 8, Static Fluids.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:46
Last Modified: 07 Sep 2022 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20829

Actions (login required)

View Item View Item