PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VIII DI TINGKAT SMP

RAHMA, AULIA FIGHTER MAHDA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VIII DI TINGKAT SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RAHMA AULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sparkol videoscribe pada mata pelajaran IPA Biologi Kelas VIII di tingkat SMP serta mengetahui kelayakan, dan respon peserta didik, video yang dihasilkan dari aplikasi videoscribe sebagai media pembelajaran sparkol videoscribe pada mata pelajaran IPA Biologi Kelas VIII di Tingkat SMP. Media pembelajaran ini di uji oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru IPA kelas VIII, dan peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Palas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) sedangkan model pengembangan produk yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & evaluation) yaitu analisis, perancang, pengembangan, penerapan, dan penilaian. Hasil analisis data validasi dari validator ahli media 1 diperoleh nilai persentase 86% dengan kriteria sangat layak, sedangkan validator ahli media 2 diperoleh nilai persentase 91% dengan kriteria sangat layak. Kemudian di dapatkan hasil persentase dari validator ahli materi 1 dengan nilai persentase 83% dan kriteria sangat layak, selain itu di dapat hasil validator ahli materi 2 sebesar 91% dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya nilai persentase dari validator ahli bahasa 1 yaitu 93% dengan kriteria sangat layak dan validator ahli bahasa 2 yaitu 80% dengan kriteria layak. Hasil analisis data respon peserta didik terhadap media pembelajaran ini di dapat dari uji coba kelompok kecil sebesar 86% (sangat layak) untuk video ke 1 dan 89% (sangat layak) untuk video ke 2. Sedangkan hasil dari uji coba kelompok besar adalah 81% (sangat layak) untuk video ke 1 dan 82% (sangat layak) untuk video ke 2. Dapat disimpulkan video pembelajaran ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: media pembelajaran, Sparkol Videoscribe iv ABSTRACT This study aims to develop the sparkol videoscribe learning media for the science subject biology class VIII at the junior high school level and to find out the feasibility, and student responses, the video produced from the videoscribe application as a learning medium for sparkol videoscribe in the biology class VIII science subject at the junior high school level. This learning media was tested by material experts, media experts, linguists, science teachers for class VIII, and students for class VIII A at SMP Negeri 2 Palas. The research method used is the research and development (R&D) method, while the product development model used is the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & evaluation) model, namely analysis, design, development, application, and assessment. The results of the validation data analysis from the media expert validator 1 obtained a percentage value of 86% with very feasible criteria, while the media expert validator 2 obtained a percentage value of 91% with very feasible criteria. Then the percentage results from the material expert validator 1 with a percentage value of 83% and the criteria are very feasible, besides that, the material expert validator 2 results is 91% with very feasible criteria. Furthermore, the percentage value of the linguist 1 validator is 93% with very feasible criteria and the linguist 2 validator is 80% with proper criteria. The results of the data analysis of student responses to this learning media were obtained from small group trials of 86% (very feasible) for the 1st video and 89% (very feasible) for the 2nd video. It can be concluded that this learning video is suitable for use in learning. Keywords: Learning Media, Sparkol Videoscribe

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2022 09:13
Last Modified: 02 Sep 2022 09:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20804

Actions (login required)

View Item View Item