PENGEMBANGAN DESAIN MODEL E-BOOK MATEMATIKA INTERAKTIF TERINTEGRASI ETNOMATIKA RUMAH ADAT LAMPUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SD KELAS 5

ELISA, EKA ANGGRAINI (2022) PENGEMBANGAN DESAIN MODEL E-BOOK MATEMATIKA INTERAKTIF TERINTEGRASI ETNOMATIKA RUMAH ADAT LAMPUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SD KELAS 5. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ELISA EKA ANGGRAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatan media pembelajaran adalah salah satu yang mempengaruhi efektifitas proses pembelajaran yang berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pra�penelitian dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi didapatkan bahwa dalam pembelajaran matematika di kelas 5, pendidik belum menggunakan media pembelajaran matematika berupa e-book matematika interaktif terintegrasi etnomatika rumah adat Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-boook matermatika interaktif terintegrasi etnomatematika rumah adat lampung pada materi bangun ruang dan menjelaskan cara pengembangan media pembelajaran e-book matematika interaktif terintegrasi etnomatika rumah adat lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model penelitian 4D yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap penyebaran (Disseminate). Pengambilan uji coba dilakukan di SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Hasil penilaian Validator Ahli Media 96%, Ahli Materi 72% dan Ahli Bahasa 80%. hasil penilaian validator bahwa pengembangan e-book matematika interaktif terintegrasi etnomatika rumah adat lampung ”Sangat Layak” digunakan. Hasil penilaian Guru I di SD IT Baitul Jannah sebesar 87%, penilaian Guru 2 di SD IT Baitul Jannah sebesar 92%, dengan kategori ”Sangat baik” digunakan. Hasil uji coba skala kecil memperoleh presentase 92%. Hasil ujicoba skala besar memperoleh presentase 90%. dengan kategori ”Sangat baik” digunakan. Pada uji efektivitas e-book dinyatakan layak untuk di gunakan. nilai hasil belajar siswa sebelum menggunakan e-book dan setelah menggunakan e-book mengalami kenakan sebesar 4%. Hasil uji coba diperoleh hasil nilai tes awal dan nilai tes akhir yaitu nilai- t hitung ialah sebesar -4.768 dengan nilai p 0,000, dengan hasil efektif digunakan. Kata kunci : E-Book, Interaktif, Etnomatika, Rumah Adat Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:52
Last Modified: 01 Sep 2022 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20789

Actions (login required)

View Item View Item