PERSEPSI GURU DALAM PENERAPAN KETERAMPILAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK SMA

YESTIRA, MEGA (2022) PERSEPSI GURU DALAM PENERAPAN KETERAMPILAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Yestira Mega.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Computational thinking Skill berperan sangat penting dalam pengendalian diri peserta didik. Di tahun 2014, pemerintah Inggris memasukkan materi pemrograman kedalam kurikulum sekolah dasar dan menengah, tujuannya untuk mengenalkan Computational thinking sejak dini kepada peserta didik. Oleh karena itu, Computational thinking sangat penting dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru dalam penerapan Computational thinking peserta didik SMA. Subjek penelitian ini ialah guru fisika di SMAN 1 Kasui, SMAN 2 Kasui, SMAN 1 Rebang Tangkas, SMAN 1 Banjit, dan SMAN 1 Baradatu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian berupa wawancara yang dilakukan dengan pendidik. Hasil wawancara yang telah dilakukan, menunjukan bahwa, semua guru dari semua sekolah yang diwawancarai sepakat dalam penerapan keterampilan computational thinking peserta didik SMA pada aspek pemikiran algoritmik sangat penting di terapkan dalam pembelajaran hal ini dibutuhkan agar mampu memberikan pengalaman yang lebih detail dalam menyelesaikan tugas fisika serta mampu melatih kejelian peserta didik dalam memahami pembelajran. Selanjutnya Persepsi guru dalam penerapan keterampilan Computational Thinking peserta didik pada aspek penguraian (dekomposisi) berperan sangat penting dalam pengembangan kemampuan berpikir komputasi peserta didik. Kemudian, aspek generalisai (pola) dinilai penting dan harus diterapkan dalam pembelajaran untuk melatih peserta didik menggunakan kefokusan dan membatu memahami penyelesaian masalah dengan lebih cepat. Dan pada aspek abstraksi penting diterapkan dalam pembelajaran guna meningkatkan keterampilan computational thinking peserta didik karena aspek abstraksi ini merupakan aspek dasar dalam computational thinking. Terakhir Persepsi guru menunjukan bahwa persepsi guru dalam penerapan keterampilan Computational Thinking peserta didik pada aspek evaluasi sangat penting diterapkan dalam pembelajaran karena aspek iv evaluasi merupakan aspek yang mampu menilai proses pembelajaran, dengan melaksanakan aspek evaluasi baik pendidik maupun peserta didik dapat mengetahui apa yang tepat dan apa yang kurang tepat dalam pelaksanaan berpikir komputasi (computational thinking). Kata Kunci: Guru, Persepsi, Computational Thinking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:31
Last Modified: 29 Aug 2022 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20738

Actions (login required)

View Item View Item