HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR

ATRA, JAYA (2022) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of FULL ATRA FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Self Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Oleh: Atra Jaya Prokrastinasi akademik merupakan hal yang menjadi permasalahan untuk setiap mahasiswa yang tidak dapat memaksimalkan waktu untuk tujuan yang seharusnya dicapai. Prokrastinasi akademik atau penundaan ini menunjukkan kurangnya kepedulian mahasiswa terhadap dirinya, salah satu yang biasa ditemukan adalah mahasiswa yang menunda mengerjakan skripsi sehingga timbulah prokrastinasi akademik. Hal tersebut membuat turunnya kepercayaan diri karena melihat teman-teman lain yang sudah lulus lebih cepat, ditambah individu yang kurang mampu mengatur waktu untuk mengerjakan skripsi secara konsisten dan revisi tepat waktu. Hal ini juga merupakan beberapa penyebab terjadinya prokrastinasi akademik, yaitu kepercayaan diri dan self regulated learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan self regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Terdapat tiga hipotesis yang diajukan pada penelitian ini, pertama, terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir, kedua, terdapat hubungan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir, ketiga, terdapat hubungan antara kepercayaan diri dan self regulated learning terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa UIN prodi Pemikiran Politik Islam (PPI) Fakultas Ushuluddin angkatan 2017 yang mengerjakan tugas akhir dengan jumlah subjek sebanyak 40 mahasiswa, serta menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data psikologi yang meliputi skala prokrastinasi akademik sebanyak 31 aitem (α = 0,902), skala kepercayaan diri sebanyak 30 aitem (α = 0,867), dan skala self regulated learning sebanyak 31 aitem (α = 0,929), teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 26.0 for windows. Hasil analisis regresi berganda diperoleh Rx1.2-Y = 0,921 dan sig = 0,000 (p < 0,01) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan self regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir dengan sumbangan efektif sebesar 84,9%. Kemudian hasil (rx1y) = -0,898 dan sig = 0,000 (p < 0,01) menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara kepercayaan diri dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir, dan rx2y = -0,861 dan sig = 0,000 (p < 0,05) menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Kepercayaan Diri, Self Regulated Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:27
Last Modified: 22 Aug 2022 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20606

Actions (login required)

View Item View Item