PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI DALAM MELAKSANAKAN ZAKAT,INFAQ,SADAQOH (Studi pada BAZNAS Provinsi Lampung)

ASEPIRAWAN, sutrisno (2022) PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI DALAM MELAKSANAKAN ZAKAT,INFAQ,SADAQOH (Studi pada BAZNAS Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Ruly Widiawati Bab 1&5 -.pdf] PDF
Download (820kB)
[thumbnail of Ruly Widiawati Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Zakat adalah salah satu kewajiban umat islam yang telah ditetapkan dalam Al-Quran Definisi zakat juga dijelaskan di dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Dimana di dalam undang�undang tersebut menyatakan bahwa zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat islam. Zakat merupakan salah satu rukun islam yang selalu disebutkan sejajar dengan shalat. Inilah yang menunjukkan betapa pentingnya zakat sebagai salah satu rukun islam. Berdasarkan uraian latar belakang masalh dan identifikasi masalah yang telah dijelaskan diatas, maka rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah transparansi berpengaruh terhadap loyalitas Muzakki dalam melaksanakan Zakat, Infaq dan Sadaqoh di BAZNAS Provinsi Lampung? Apakah Akuntabilitas berpengaruh terhadap Loyalitas Muzakki dalam melaksanakan Zakat,Infaq, dan Sadaqoh di BAZNAS Provinsi Lampung ? apakah transparansi dan akuntabilitas berpengaruh terhadap loyalitas Muzarki dalam melaksanakan Zakat, Infaq dan Sadaqah di BAZNAS Provinsi Lampung? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : Pengaruh transparansi, terhadap loyalitas muzakki dalam melaksanakan zakat, infaq dan sadaqoh di BAZNAS provinsi lampung. Pengaruh akunbilitas terhadap loyalitas muzakki dalam melaksanakan zakat, infaq, sadaqoh di BAZNAS provinsi lampung. Pengaruh tranparansi dan akunbilitas terhadap loyalitas muzakki dalam melaksnakan zakat, infaq, dan sadaqoh di BAZNAS provinsi Lampung. Berdasarkan hasil analisi pengolahan data dan pembahasan penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut: ada pengaruh positif dan signifikan transparansi iii terhadap loyalitas muzakki dalam melaksanakan zakat, infaq, dan sadaqoh di BAZNAS provinsi lampung. Jadi apabila kualitas transparansi ditingkatkan secara baik pada pengelolaan baznas provinsi lampung, maka akan dapat memberikan yang sangat positif terhadap loyalitas muzakki di BAZNAS provinsi lampung. Ada pengaruh positif dan signifikan akuntabilitas ditingkatkan secara baik di baznas provinsi lampung, maka akan dapat memberikan dampak yang sangat positif terhadap loyalitas muzakki di baznas provinsi lamnpung. Dampak yang sangat psoitif terhdapa muzakki di baznas provinsi lampung. Jadi apabila transparansi dan akunbilitas di tingkatkan di baznas provinsi lampung maka loyalitas muzakki di baznas provinsi lamnpung akan meningkat juga. Kata kunci : Transparansi, Akunbilitas, dan Loyalitas Muzakki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:09
Last Modified: 18 Aug 2022 02:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20564

Actions (login required)

View Item View Item