PENGARUH MODEL THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) MENGGUNAKAN MEDIA TELEGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM KELAS X SMA

DEVI, VIOLETA (2022) PENGARUH MODEL THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) MENGGUNAKAN MEDIA TELEGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM KELAS X SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVI VIOLETA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian tentang pengaruh model pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) pada pokok bahasan Momentum dan Impuls kelas X bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TAPPS terhadap Hasil Belajar peserta didik. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian berjumlah 146 peserta didik kelas X SMAN 3 Bandar Lampung. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes uraian yang berjumlah 10 butir soal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TAPPS terhadap Hasil Belajar peserta didik. Dengan hasil perhitungan uji hipotesis dan data analisis yang diperoleh pada hasil belajar menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 yang berarti signifikansi < 0,05 sehingga H1 diterima. Hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) terdapat perbedaan. Melihat hasil rata-rata posttest dan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu dengan nilai rata-rata 77 untuk kelas eksperimen dan 60 untuk kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:50
Last Modified: 12 Aug 2022 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20500

Actions (login required)

View Item View Item