PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI TERMODINAMIKA KELAS XI

DESTRA, FARADILLAH HANDOKO (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI TERMODINAMIKA KELAS XI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1 - 2 & DAPUS.pdf] PDF
Download (18MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Augmented Reality merupakan suatu sistem yang unik di bidang teknologi informasi. Teknologi Augmented Reality yang dimanfaatkan sebagai media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui cara mengembangkan, mengetahui kelayakan media pembelajaran audio visual berbasis augmented reality pada materi termodinamika dan mengetahui respon peserta didik di SMAN 1 Gading Rejo, SMAN 2 Gading Rejo dan SMA Muhammadiyah Gading Rejo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor 92% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor 88% dengan kriteria “Sangat Layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli praktisi mendapatkan skor 92% dengan kriteria “Sangat Layak”. Serta penilaian akhir dari peserta didik SMAN 1 Gading Rejo, SMAN 2 Gading Rejo dan SMA Muhammadiyah Gading Rejo medapatkan skor 87,67% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sehingga aplikasi Augmented Reality pada materi termodinamika sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Augmented Reality, Termodinamika, Media Pembelajaran iv ABSTRACT Augmented Reality is a unique system in the field of information technology. Augmented Reality technology that is used as a learning media is expected to improve student learning outcomes. This study aims to find out how to develop, determine the feasibility of augmented reality-based audio-visual learning media on thermodynamic material and determine the responses of students at SMAN 1 Gading Rejo, SMAN 2 Gading Rejo and SMA Muhammadiyah Gading Rejo. The method used in this research is Research and Development (R & D). The results showed that the results of the feasibility assessment by material experts got a score of 92% with the "Very Eligible" category. The feasibility assessment by media experts got a score of 88% with the “Very Eligible” criteria. The feasibility assessment by expert practitioners got a score of 92% with the "Very Eligible" criteria. And the final assessment of the students of SMAN 1 Gading Rejo, SMAN 2 Gading Rejo and SMA Muhammadiyah Gading Rejo got a score of 87.67% with the "Very Eligible" criteria. So that the Augmented Reality application on thermodynamic material is very suitable to be used as a learning medium. Keywords: Augmented Reality, Thermodynamics, Learning Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:30
Last Modified: 12 Aug 2022 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20497

Actions (login required)

View Item View Item