ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI KONSEP FISIKA DITINJAU BERDASARKAN TAHAP PENYELESAIAN SOAL

ANNISA, NURFAJRIYAH (2022) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI KONSEP FISIKA DITINJAU BERDASARKAN TAHAP PENYELESAIAN SOAL. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kesuksesan seseorang dalam belajar fisika tergantung pada kemampuannya dalam memahami konsep-konsep, pengertian, hukum�hukum dan teori-teori. Kesulitan tersebut dapat dilihat dari kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik ketika menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesulitan memahami konsep fisika pada materi gerak dan gaya yang dialami peserta didik berdasarkan kemampuannya dalam memecahkan permasalahan fisika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTS Ismaria Al-Qur’aniyyah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang dilakukan meliputi data collection, data reduction, data display, dan conclusions. Hasil penelitian ini menunjukkan Kesulitan pemahaman konsep gerak dan gaya pada peserta didik di MTS Ismaria Al-Qur’aniyyah tercakup dalam 3 kelompok pemecahan masalah yakni kelompok pemecahan masalah dengan skor tinggi, sedang, dan rendah. Dimana, Kelompok pemecahan masalah yang memiliki skor tinggi mengalami kesulitan memahami konsep pada 6 indikator dari keseluruhan 7 indikator pemahaman konsep. Sedangkan, kelompok pemecahan masalah yang memiliki skor sedang dan rendah mengalami kesulitan memahami konsep di semua indikator pemahaman konsep. Kata Kunci : Kemampuan Memahami Konsep, Kemampuan Memecahkan Masalah, Kesulitan Memahami Konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:40
Last Modified: 08 Aug 2022 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20377

Actions (login required)

View Item View Item