PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM BERBANTUAN APLIKASI E-LEARNING SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

JUNNATI, Badar Johan (2022) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM BERBANTUAN APLIKASI E-LEARNING SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN, BAB 1, BAB 2 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik juga rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh model blended learning dengan pendekatan STEM berbantuan aplikasi E-Learning schoology terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi Impuls dan momentum. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen design diambil menggunakan teknik cluster random sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data menggunakan tes berpikir kreatif, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan hipotesis dengan Uji-t yaitu menunjukan dengan taraf signifikan sebesar sig. (2-tailed) 0,005< 0,05, 3,17 > 1,66. Hal ini selaras dengan parameter uji hipotesis yaituh H0 ditolak, maka H1 diterima. kesimpulannya ialah adanya pengaruh dari model blended Learning Menggunakan E-Learning dengan Pendekatan STEM Berbantuan Aplikasi Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Impuls dan Momentum untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik SMAN 2 Martapura Sumatra Selatan. Kata kunci: Blended Learning Berpikir Kreatif, Pendekatan STEM, Schoology ABSTRACT The problem in this study is the low learning outcomes of participants which indicates that the creative thinking skills of students are also low. The purpose of this study was to determine the effect blended learning of using the e-learning model with the STEM approach assisted by the application of Schoology on the creative thinking ability of students on Impulse and Momentum material. This type of research is quantitative with a quasi-experimental research method, the design is taken using cluster random sampling technique (class random technique). Data collection techniques using creative thinking tests, interviews, observation and documentation. Data analysis used a hypothesis with a t-test that showed a significant level of sig. (2-tailed) 0.005 < 0.05, 3.17 > 1.66. This is in line with the hypothesis test parameters, namely H0 is rejected, then H1 is accepted. The conclusion is that there is an effect of the blended learning model using E-Learning with the STEM Approach Assisted by the Schoology Application on the Creative Thinking Ability of Students on Impulse and Momentum Materials to improve the Creative Thinking Ability of the students of SMAN 2 Martapura, South Sumatra. Keywords: Blended Learning Creative Thinking, STEM Approach, Schoology

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:38
Last Modified: 05 Aug 2022 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20331

Actions (login required)

View Item View Item