PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH DENGAN KUALITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung)

CLARISA, NURUL LUSTIKA (2022) PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH DENGAN KUALITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI Cover Bab I - II Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Label halal adalah bagian dari pengemasan disebuah produk yang mengandung informasi mengenai produk atau penjualan produk. Label halal merupakan sebuah pencantuman logo halal yang bertujuan sebagai pernyataan dari kehalalan produk tersebut. Kualitas produk sebagai tingkat mutu yang diharapkan dan pengendalian keragaman dalam mencapai mutu tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Suatu produk yang mempunyai kualitas yang tinggi tentu akan memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuan�titatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menye�barkan kuesioner secara online melalui google form kepada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22.620 mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus slovin, diambil dengan cara nonprobability sampling dengan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan diolah menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel labelisasi halal berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk Wardah pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung serta kualitas memoderasi atau memperkuat secara signifikan hubungan antara labelisasi halal dan keputusan pembelian. Produk yang memiliki kualitas yang baik adalah produk yang sesuai dengan spesifikasi serta memberikan kepuasan kepada konsumen dalam pemenuhan kebutuhannya. Selain itu, label halal yang ada pada produk menjadi ciri khas tersendiri bagi para konsumen sebagai jaminan rasa aman dalam mengkonsumsi produk tersebut, oleh karena itu, labelisasi halal dan kualitas produk akan sangat berpengaruh pada keputusan pembelian pada produk. Dalam perspektif Islam, perlu adanya pencantuman label halal yang ditandai dengan sertifikasi halal. Dengan adanya sertifikasi halal, maslahah dapat tercapai dan menentramkan umat. Maslahah dalam hal ini adalah maslahaha mursalah, yaitu kemaslahatan-kemaslahatan yang timbul setelah Nabi SAW. wafat, dan maslahah tersebut diakui dan tidak berlawanan dengan syariat. Kata Kunci: Labelisasi Halal, Keputusan Pembelian, Kualitas. ABSTRACT Halal label is part of the packaging on a product that contains information about the product or product sales. Halal label is an inclusion of a halal logo which aims as a statement of the halalness of the product. Product quality as the expected level of quality and control of diversity in achieving that quality to meet consumer needs. A product that has high quality will certainly give satisfaction to customers. This research uses a quantitative approach. The data used is primary data by distributing online questionnaires via google form to UIN Raden Intan Lampung students. The population in this study amounted to 22,620 students of UIN Raden Intan Lampung. The sample used was 100 people using the Slovin formula, taken by non-probability sampling with random sampling technique. Analysis of the data used is processed using SmartPLS 3. The results of this study indicate that the halal labeling variable has a significant positive effect on purchasing decisions for Wardah products at UIN Raden Intan Lampung students and the quality moderates or significantly strengthens the relationship between halal labeling and purchasing decisions. Products that have good quality are products that comply with specifications and provide satisfaction to consumers in meeting their needs. In addition, the halal label on the product is a distinctive feature for consumers as a guarantee of security in consuming the product, therefore, halal labeling and product quality will greatly influence purchasing decisions on products. In an Islamic perspective, it is necessary to include a halal label marked with halal certification. With the existence of halal certification, maslahah can be achieved and reassure the people. Maslahah in this case is maslahaha mursalah, namely the benefits that arise after the Muhammad SAW. died, and the maslahah is recognized and does not conflict with the shari'a. Keywords: Halal Labeling, Purchase Decision, Quality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:35
Last Modified: 05 Aug 2022 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20329

Actions (login required)

View Item View Item