PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI FISIKA

Nur, Anisa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI FISIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR ANISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kreatif salah satu kemampuan yang menjadi kecakapan utama dalam kehidupan di abad 21. Melalui pembelajaran fisika peserta didik akan menyadari bahwa memiliki kemampuan dalam membuat keputusan alam dan perubahan yang dilakukan pada aktifitas alam bukan hanya sekedar memahami alam saja, tetapi harus memiliki kreativitas yang tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Model PjBL terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Fisika. Penelitian ini merupakan quasy experiment. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA N 2 Bandar Lampung dengan subjek kelas XI MIPA 1 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas Kontrol masing – masing 36 orang. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh data yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Fisika. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data dengan nilai sig sebesar 0,00 yang berarti sig < 0,05 sehingga H1 diterima atau terdapat perbedaan perbedaan kemampuan Berpikir kreatif. Oleh karena itu dapat disimpulkan pembelajaran model PjBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi fisika. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif , Model PjBL. iv ABSTRAK The main skills in life in the 21st century. Through learning physics students will realize that having the ability to make natural decisions and changes made to natural activities is not just understanding nature, but must have high creativity. The purpose of this study was to determine the effect of the PjBL Model on the Creative Thinking Ability of Students in Physics. This research is a quasi experiment. The population of this study were all students of class XI MIA SMA N 2 Bandar Lampung with class XI MIPA 1 as the experimental class and class XI MIPA 2 as control class 36 people each. The instrument in this study is a test instrument to measure students' creative thinking skills. Based on the research that has been carried out, data shows that there is an effect of the PjBL model on the Creative Thinking Ability of Students in Physics Materials. This is evidenced by the results of data analysis with a sig value of 0.00 which means sig <0.05 so that H1 is accepted or there are differences in creative thinking abilities. Therefore, it can be concluded that the PjBL model learning has an effect on students' creative thinking skills on physics material. Keywords:, Creative Thinking Ability, PjBL Model

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:07
Last Modified: 03 Aug 2022 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20279

Actions (login required)

View Item View Item