PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WONDERING, EXPLORING, EXPLAINING (WEE) DENGAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

INTAN, MUTIARA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WONDERING, EXPLORING, EXPLAINING (WEE) DENGAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  INTAN MUTIARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam matematika pengetahuan yang dimiliki peserta didik merupakan konstruksi dari dirinya sendiri sebagai konstruksi kognitif terhadap objek, pengalaman, maupun lingkungannya. Peserta didik harus aktif berfikir, menyusun konsep dan memberi makna hal-hal yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Wondering, Exploring, Explaining (WEE) dengan strategi Question Student Have (QSH) terhadap pemahaman konsep ditinjau dari gaya kognitif peserta didik kelas VIII SMP Tri Sukses Natar Bandar Lampung. Jenis penelitian quasi exsperimen. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Teknik analisis data pada penelitian adalah anava dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian uji prasyarat yaitu uji normalitas yaitu Kolmogorov-Smirnov dengan signifikasi sebesar 0,05 berarti nilai lebih kecil dibandingkan nilai kriteria uji. Uji homogenitas menggunakan Test Of Homogeneity Of Varianceu dengan taraf signifikan 5%. Pada uji normalitas pemahaman konsep terdapat nilai hasil rata-rata hasil belajar siswa 83,17 dan pada gaya kognitif peserta didik, nilai hasil rata-rata 72,28. Berdasarkan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama diperoleh kesimpulan (1) ada pengaruh pada penggunaan model pembelajaran WEE dengan strategi QSH terhadap pemahaman matematis, (2) ada pengaruh pada peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent terhadap pemahaman konsep matematis, (3) tidap terdapat interaksi antara perlakuan pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman matematis. Kata Kunci: Model WEE, Strategi QSH, Pemahaman Konsep, Gaya Kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:59
Last Modified: 02 Aug 2022 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20252

Actions (login required)

View Item View Item