PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

VITA, DIANA SARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of VITA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep peserta didik rendah, hal ini karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensioanal yang didominasi depan metode ceramah, usaha yang dapat dilakukan pendidik agar peserta didik dapat berpikir secara kreatif serta memahami konsep fisika dengan baik adalah menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan tepat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger berbasis media audio-visual terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep peserta didik. Untuk mengukur kemampuan berpikir kretaif peserta didik dilakukan tes dengan soal essay pada materi tata surya dan pemahaman konsep peserta didik dilakukan menggunakan tes dengan soal piliha ganda three tier diagnostic Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP Al-Huda Jati Agung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan kelas SMP VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji multivariate (MANOVA). Hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 25.00 menujukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep peserta didik. Nilai n-gain kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen sebesar 0,68 dan nilai n-gain kelas kontrol sebesar 0,55 sedangkan nilai n-gain pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 0,62 dan nilai n-gain kelas kontrol 0,56. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Al-Huda Jati Agung. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan menggunakan independent uji MANOVA diperoleh tingkat signifikansi 0,00 < α dengan α = 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran Treffinger berbasis media audio�visual, Kemampuan Berpikir Kreatif , Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:15
Last Modified: 28 Jul 2022 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20122

Actions (login required)

View Item View Item