MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI PESERTA DIDIK: STUDI LITERATUR

Alfi, Maschairani Muflikha (2022) MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI PESERTA DIDIK: STUDI LITERATUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALFI MASCHAIRANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 membuat aktivitas pembelajaran dilaksanakan secara daring/online, para peserta didik dituntut untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan media pembelajaran berbasis android. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji media pembelajaran fisika berbasis android dalam mengembangkan Computational Thinking siswa. Metode penelitian ini adalah studi literature menggunakan SLR (Systematic Literature Review) dengan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik meta-sintesis. Penelitian ini menggunakan populasi 423 jurnal yang bersumber dari database IEEE Xplore, Springer Link, Science Direct, dan Scopus. Dari sampel 115 jurnal yang diseleksi dari tahun 2013 hingga 2021 (periode 8 tahun) didapatkan 17 jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa jenis media yang dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir komputasi peserta didik adalah aplikasi game pemrograman, Midroid, Pic2Program, Augmented Reality, MIT App Inventor, e-book, Powerpoint dan CT2STEM. Untuk saat ini media aplikasi game pemrograman menjadi salah satu yang banyak diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi peserta didik. Karena dengan menggunakan games dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, aktif, kreatif dan tidak membosankan serta mudah untuk dipahami. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan literatur dan pemikiran untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir komputasi terutama dalam pendidikan fisika, karena media memiliki manfaat yang sangat banyak untuk dikembangkan dalam dunia pendidikan khususnya di masa pandemi seperti saat ini. Kata Kunci: Android; Computational Thinking; Media Pembelajaran; Studi Literatur

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:38
Last Modified: 28 Jul 2022 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20114

Actions (login required)

View Item View Item