KOMPETENSI TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE) GURU IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KABUPATEN TULANG BAWANG

AMBARWATI, SUKADI (2022) KOMPETENSI TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE) GURU IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KABUPATEN TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AMBARWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh seorang pendidik. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, seorang pendidik perlu memahami dan memiliki kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi TPACK ( Technological Pedagogical Content Knowledge ) guru IPA di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Tulang Bawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 7 guru IPA di 3 sekolah menengah pertama (diberi kode A1, A2, A3, B, C1,C2 dan C3) di Kabupaten Tulang Bawang. data dikumpulkan dengan metode wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari pengetahuan Technological Knowledge (TK) guru IPA sebesar 79,6 %. Skor pada pengetahuan Pedagogical Knowledge (PK) guru IPA sebesar 77,6%. Skor pada pemahaman materi atau Content Knowledge (CK) guru IPA sebesar 76%. Skor pada aspek Technological Pedagogical Knowledge (TPK) guru IPA sebesar 75%. Skor pada aspek Technological Content Knowledge (TCK) guru IPA sebesar 76,1%. Skor pada aspek Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru IPA sebesar 79,5%. Skor pengetahuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) guru IPA sebesar 72%. Kata Kunci: TPACK, Guru SMP, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2022 07:24
Last Modified: 25 Jul 2022 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20007

Actions (login required)

View Item View Item