LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI MEDIA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 1 PRINGSEWU

BAGAS, PRASETYO (2022) LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI MEDIA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 1 PRINGSEWU. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi bagas prasetyo 1741040029.docx] HTML
Download (43kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAGAS PRASETYO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 pembelajaran berlangsung secara daring dalam upaya memutus rantai penyebaran virus di sekolah. Mengingat himbauan dari pemerintah akan hal ini pihak MAN 1 Pringsewu mulai menerapkan system pembelajaran yang akan berlangsung selama pandemi yaitu daring, terutama pada proses bimbingan dan konseling. Layanan Bimbingan dan Konseling menjadi nyawa utama dalam eksistensi Bimbingan dan Konseling. Oleh sebab itu, konselor dituntut untuk tetap memberikan layanan dalam kondisi pandemi covid-19. Pandemi covid-19 membawa hal yang baru dimana sistem pendidikan dialihkan dari rumah. Siswa dan guru melakukan proses belajar mengajar dari rumah. Begitu juga guru bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling ditengah wabah covid-19 sangat bergantung pada pemakaian internet. Konselor dituntut untuk menguasai aplikasi maupun software yang bisa mendukung layanan bimbingan dan konseling. Sesuai dengan situasi dan kondisi ini maka dapat ditarik dua rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana proses layanan bimbingan konseling di masa pandemi covid-19 melalui media daring di MAN 1 Pringsewu, dan (2) Apa kendala dalam melakukan Layanan Bimbingan dan Konseling di MAN 1 Pringsewu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dengan menerapkan langkah�langkah analisis deskriptif (Pengumpulan Data, Proses Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan). Subyek penelitian ini mencakup kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa layanan bimbingan dan konseling di MAN 1 Pringsewu dilaksanakan secara daring dan luring. Daring apabila ada siswa yang bermasalah kita tanggap lewat whatsapp atau absensi kehadiran, langsung ditindak iii lanjuti lewat whatsapp pribadi, video call dengan siswa yg bermasalah. Luring, jika ada siswa yang bermasalah langsung di panggil keruangan Bimbingan Konseling langsung diberi konseling. Kata kunci : layanan bimbingan dan konseling, pandemi covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:21
Last Modified: 18 Jul 2022 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19845

Actions (login required)

View Item View Item