MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMP NURUL HUDA TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH

Herlin, Diah Pratiwi (2022) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMP NURUL HUDA TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL HERLIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap sekolah terdapat manajemen peserta didik. Manajemen peserta didik merupakan suatu penataan atau pengaturan segala program-program yang berkaitan dengan peserta didik mulai dari masuknya peserta didik sampai keluarnya peserta didik dari lembaga pendidikan. Manajemen peserta didik tidak hanya berhubungan dengan data peserta didik, melainkan dengan adanya aspek lain yang mendukung untuk membantu mengembangkan keterampilan peserta didik. Dalam manajemen peserta didik di SMP Nurul Huda Terusan Nunyai Lampung Tengah sudah terlaksana, namun masih mengalami permasalahan yaitu masih ada beberapa peserta didik yang tidak disiplin sehingga melanggar peraturan yang telah diterapkan di sekolah dan belum memiliki ikatan alumni secara resmi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen peserta didik di SMP Nurul Huda Terusan Nunyai Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian diantaranya yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan menarik kesimpulan. Serta triangulasi yang peneliti digunakan yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peserta didik di SMP Nurul Huda sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dilihat dari indikator manajemen peserta didik, yaitu perencanaan peserta didik, penerimaan peserta didik meliputi (pembentukan panitia dan penyebaran informasi), orientasi peserta didik, pengelompokkan peserta didik, pembinaan dan pengembangan peserta didik meliputi (pembinaan disiplin peserta didik, kegiatan ekstra kurikuler, bimbingan dan konseling, layanan khusus) serta kelulusan dan alumni. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa manajemen peserta didik sangat penting bagi lembaga pendidikan. Kepada peserta didik di SMP Nurul Huda Terusan Nunyai Lampung Tengah, agar lebih dapat disiplin dalam mentaati peraturan yang ada di sekolah, agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efesien sehingga guru juga dapat mengajar dengan nyaman dan pembelajaran dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kata Kunci : manajemen peserta didik iii ABSTRACT Every school has student management. Student management is an arrangement or arrangement of all programs related to students starting from the entry of students to the exit of students from educational institutions. Student management is not only related to student data, but also with other supporting aspects to help develop student skills. In the management of students at SMP Nurul Huda Terusan Nunyai, Central Lampung, it has been implemented, but still experiencing problems, namely there are still some students who are not disciplined so that they violate the rules that have been applied at school and do not yet have an official alumni association. The purpose of this study was to find out how the management of students at SMP Nurul Huda Terusan Nunyai, Central Lampung. This study uses a qualitative research type with a descriptive approach. Sources of research data include primary and secondary data sources.. Data collection techniques carried out in this study used interviews, observation and documentation. Data analysis in this study used data reduction, data presentation, data verification and drawing conclusions. The results showed that the management of students at SMP Nurul Huda has been implemented well. This can be seen from the indicators of student management, namely student planning, student acceptance includes (formation of committees and dissemination of information), student orientation, student grouping, student coaching and development includes (student discipline development, extra-curricular activities, guidance and counseling, special services) and graduation and alumni. Thus it can be said that student management is very important for educational institutions. To students at SMP Nurul Huda Terusan Nunyai, Central Lampung, to be more disciplined in obeying the existing rules at school, so that the learning process can run effectively and efficiently so that teachers can also teach comfortably and learning can be in accordance with the expected goals. Keywords: student management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:25
Last Modified: 30 Jun 2022 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19630

Actions (login required)

View Item View Item