PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MISKONSEPSI PESERTA DIDIK

ULUM, MARFU’AH (2022) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MISKONSEPSI PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2+DAPUS.pdf] PDF
Download (27MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh video pembelajaran dengan model discovery learning terhadap miskonsepsi peserta didik serta interaksinya di SMP N 28 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (quasy eksperimental research) dengan desain penelitian postest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP N 28 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan sampel kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal multiple choice dengan menggunakan three-tier untuk mengukur tingkat miskonsepsi peserta didik. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji independent sample t-test. Hasil uji hipotesis data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh video pembelajaran dengan model discovery learning terhadap miskonsepsi peserta didik dalam pembelajaran IPA dan terdapat perbedaan jumlah tingkat miskonsepsi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci : Miskonsepsi, video pembelajaran, discovery learning, usaha dan pesawat sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:15
Last Modified: 27 Jun 2022 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19602

Actions (login required)

View Item View Item