PENGEMBANGAN KONTEN FISIKA BERBENTUK MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG SEBAGAI ALTERNATIVE PEMBELAJARAN FISIKA SMA

LINTANG, PINASTI (2022) PENGEMBANGAN KONTEN FISIKA BERBENTUK MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG SEBAGAI ALTERNATIVE PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi LINTANG PINASTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN KONTEN FISIKA BERBENTUK MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG SEBAGAI ALTERNATIVE PEMBELAJARAN FISIKA SMA Oleh Lintang Pinasti 1211090040 Peneleitian ini bertujuan (1) Untuk mengahasilkan konten fisika berbentuk media pembelajaran berbasis blog sebagai alternative pembelajaran fisika SMA; (2) Untuk mengetahui kelayakan konten fisika berbentuk media pembelajaran berbasis blog sebagai alternative pembelajaran fisika SMA; dan (3) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap konten fisika berbentuk media pembelajaran berbasis blog sebagai alternative pembelajaran fisika SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg and Gall yang di adaptasi menjadi tujuh langkah. Langkah-langkah yang di gunakan hanya meliputi : 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi desain, 5) Perbaikan desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, karena keterbatasan waktu dalam penelitian ini sehingga langkah-langkah tidak di laksanakan semua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, prapenelitian, wawancara dan dokumentasi. Produk yang dihasilkan berupa konten fisika berbentuk media pembelajaran berbasis blog sebagai alternative pembelajaran fisikan SMA. Hasil produk yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis memiliki kualitas media 85% (sangat layak) menurut ahli materi, 85% (sangat layak) menurut ahli media, 88% (sangat layak) menurut ahli informatika. Respon peserta didik terhadap kemenarikan media pembelajaran berupa konten fisika berbentuk media pembelajaran berbasis blog sebagai alternative pembelajaran fisika SMA dinyatakan memiliki kriteria interpretasi sangat menarik dengan skor 94,8% pada uji coba kelompok kecil dan 94,9% pada uji coba lapangan. Keyword: Konten Fisika, Media Pembelajaran, Blog

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:19
Last Modified: 23 Jun 2022 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19563

Actions (login required)

View Item View Item