PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA COVID�19 DI SD INSAN TERPADU INSAN MULIA KOTAGAJAH

LUTHFALIA, QOTHRUNNADA (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA COVID�19 DI SD INSAN TERPADU INSAN MULIA KOTAGAJAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI LUTHFALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Di masa covid-19 sekarang ini, di mana seluruh orang diharuskan menjaga jarak demi terputusnya rantai penyebaran COVID-19 yang menyerang seluruh dunia dan berdampak kepada aspek-aspek kehidupan. Tidak terkecuali pada aspek pendidikan, mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi yang mengubah metode pembelajaran yang semula secara konvensional sekarang menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Karena kondisi yang sangat tidak mendukung pembelajaran tatap muka, pembelajaran daring menjadi solusi yang dirasa efektif dan efisien. Belajar dari rumah tanpa pendampingan dari guru secara langsung membutuhkan kerjasama antara guru dan orang tua di rumah dalam menumbuhkan minat belajar anak. Dengan pembelajaran daring yang juga dilaksanakan di Sekolah Dasar, fokus pada penelitian ini yaitu pengaruh metode pembelajaran daring pada masa covid-19 terhadap minat belajar siswa di SD Insan Terpadu Insan Mulia Kotagajah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran daring pada masa covid�19 terhadap minat belajar siswa di SD Insan Terpadu Insan Mulia Kotagajah. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kuantitatif. Dengan jumlah sampel 79 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner yang diberikan kepada peserta didik kelas 6 di SD Insan Terpadu Insan Mulia Kotagajah. Teknik analisis data penelitian menggunakan korelasi product moment dan regresi linear sederhana dengan alat bantu SPSS versi 24 for Windows. Dari hasil perhitungan, uji koefisien korelasi product moment didapat R yaitu sebesar 0,575 dengan taraf signifikansi 5% (0,221) (0,575 > 0,221) dan dijelaskan besar pengaruhnya variabel bebas terhadap variabel terikat yang disebut koefisien determinasi (R2) sebesar 0,331 atau 33,1% yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Metode Pembelajaran Daring) terhadap variabel terikat (Minat Belajar Siswa) adalah sebesar 33,1 % sedangkam 66,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Angka ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa. Hal ini berarti terdapat pengaruh antara metode pembelajaran daring pada masa covid-19 terhadap minat belajar siswa di SD Insan Terpadu Insan Mulia Kotagajah. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Daring, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:34
Last Modified: 22 Jun 2022 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19551

Actions (login required)

View Item View Item