PENGEMBANGAN INSTRUMEN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX ( CRI ) PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMP/MTs

LIA, JUNIYATI (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX ( CRI ) PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMP/MTs. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB II DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FIXX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dari penelitian ini adalah kendala saat pembelajaran yaitu kurangnya alat peraga tentang materi fiska, masih banyak siswa yang mengetahui tapi dengan pemikiran mereka saja bukan dengan pemahaman konsep yang benar sehingga terjadi miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, dan menghasilkan produk berupa instrumen four tier diagnostic test dengan certainty of response index (CRI) , mengetahui kelayakan instrumen four tier dan Mengetahuin respon guru terhadap instrumen four tier diagnostic test dengan certainty of response index (CRI) pada pembelajaran fisika SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan Langkah-langkah penelitian dan pengembangan dari model 4D yang merupakan singkatan dari (Define/Pendefinisian,Design/Perancangan,Development/Pengembang an,dan Dissemination/Penyebaran). Peneliti mengembangkan instrumen four tier dengan beberapa tahapan yaitu, membuat kisi-kisi soal, membuat petunjuk pengerjaan soal, membuat soal dengan empat tingkatan, membuat kunci jawaban, instrumen tes four tier di validasi para ahli instrumen, ahli materi dan ahli bahasa, Peneliti melakukan tes uji coba kelayakan instrumen pada 3 sekolah, untuk mengetahui uji validitas item soal, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengembangan instrumen four tier diagnostic test dengan certainty of response indek (CRI) pada materi suhu dan kalor untuk mengetahui pemahaman konsep siswa, maka dapat disimpulkan instrumen four tier dapat digunakan untuk tes diagnostik siswa dengan validasi terhadap produk yang peneliti kembangkan telah diuji kelayakan berdasarkan validasi ahli instrumen tes, Hasil angket validasi ahli instrumen tes diperoleh nilai sebesar 87% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil angket validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 91% dengan kategori sangat baik dan hasil angket ahli bahasa diperoleh nilai sebesar 80% dengan kategori sangat baik, dari hasil wawancara kepada guru disekolah menunjukan bahwa guru memberikan respon positif terhadap soal four tier, karena selain dapat digunakan sebagai alat evaluasi juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi siswa yang iii paham, tidak paham, miskonsepsi dan mengalami eror ketika mengerjakan tes evaluasi materi yang sudah disampaikan. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai referensi guru untuk mengetahui lebih dalam mengenai pemahaman konsep siswa. Kata kunci : Instrumen Tes, Instrumen Four tier, Pembelajaran Fisika. iv ABSTRACT The background of this research is the obstacle during learning, namely the lack of teaching aids about physics material, there are still many students who know but with their thinking alone not with the correct understanding of the concept so that misconceptions occur in students. This study aims to develop, and produce a product in the form of a four-tier diagnostic test instrument with a certainty of response index (CRI) , to determine the feasibility of a four-tier instrument and Knowing the teacher's response to the four tier diagnostic test instrument with certainty of response index (CRI) in SMP/MTs physics learning. This study uses research and development steps from the 4D model which stands for ( Define / Definition, Design / Design, Development / Development, and Dissemination / Spread). Researchers developed a four instrument tier with several stages, namely, making a grid of questions, making instructions for working on questions, making questions with four levels, making answer keys, four test instruments. tier validated by instrument experts, material experts and linguists. Researchers conducted a feasibility test of the instrument in 3 schools, to determine the validity of the item test items, reliability, level of difficulty, and differentiating power. Based on the results of research regarding the development of a four�tier diagnostic test instrument with a certainty of response index (CRI) on the material of temperature and heat to determine students' conceptual understanding, it can be concluded that the four-tier instrument can be used for student diagnostic tests with validation of the product that the researcher developed has been tested. feasibility based on expert validation of the test instrument, the results of the questionnaire expert validation of the test instrument obtained a score of 87% with a very good category. While the results of the material expert validation questionnaire obtained a value of 91% with a very good category and the results of the linguist questionnaire obtained a score of 80% with a very good category, from the results of interviews with teachers at school showed that the teacher gave a positive response to questions four tier , because in addition to being used as v an evaluation tool, it can also be used to identify students who understand, do not understand, have misconceptions and experience errors when doing evaluation tests on the material that has been delivered. This can be used as a teacher reference to find out more about students' understanding of concepts. Keywords : Test Instruments, Four tier Instruments , Physics Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:35
Last Modified: 21 Jun 2022 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19544

Actions (login required)

View Item View Item