TREN, TANTANGAN, DAN PELUANG MASSIVE OPEN ONLINE COURSES (MOOCs) SEBAGAI PENDIDIKAN MASA DEPAN DALAM PEMBELAJARAN SAINS

EGA, KORNIA (2022) TREN, TANTANGAN, DAN PELUANG MASSIVE OPEN ONLINE COURSES (MOOCs) SEBAGAI PENDIDIKAN MASA DEPAN DALAM PEMBELAJARAN SAINS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2+DAPUS.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  EGA KORNIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Berbagai aspek kehidupan saat ini dipengaruhi perkembangan zaman termasuk teknologi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan yang bergerak cepat menuntut bidang pendidikan untuk menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan apa yang peserta didik hadapi di dunia nyata. Saat ini pendidikan tidak hanya dapat dapat diperoleh dari pendidikan formal. Namun, sekarang telah banyak lembaga yang menyediakan pendidikan non formal yang melibatkan teknologi didalamnya. Maka dari itu pengetahuan dan keterampilan yang luas dibutuhkan guna menyeimbangi perkembangan teknologi yang ada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk mendeskripsikan terkait tren, tantangan dan peluang MOOCs sebagai pendidikan dengan pendekatan bibliometrik untuk mendeskripsikan arah perkembangan penelitian berdasarkan kemunculan subjek penelitian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data sekunder bersumber dari databse scopus yang diperoleh dengan bantuan perangkat lunak Publish Or Perish (PoP). Penulis menganalisis 92 artikel dari 200 paper yang telah terbagi menjadi enam tipe dari hasil pencarian awal. 92 artikel tersebut dianalisis berdasarkan kata kunci ‘MOOCs dalam pembelajaran sains’ dari 2016-2021. Dari Hasil penelitian yang dilakukan secara manual oleh penulis MOOCs sebagai tren pendidikan masa depan menjadi suatu sistem belajar yang fleksibel yang dapat diikuti banyak orang dengan skala besar untuk mengembangkan skill dan ilmu pengetahuan. Namun dari sekian banyak manfaat ataupun peluang yang diperoleh tentunya ada beberapa tantangan yang harus dilewati dalam penggunaannya yakni dibidang waktu dan proses. Kemudian dari hasil analisis bibliometrik yang diperoleh, pertumbuhan penelitian yang masih berkaitan dengan topik penelitian yakni cooperative/collaborative learning relatif masih sedikit sehingga dapat dijadikan peluang untuk penelitian yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:02
Last Modified: 20 Jun 2022 08:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19536

Actions (login required)

View Item View Item