PENGARUH CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelanggan Kopi Janji Jiwa di Bandar Lampung)

GAB, RIZKI TIWI MEIJAYANTI (2022) PENGARUH CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelanggan Kopi Janji Jiwa di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 - BAB 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini sedang marak sekali tren kopi kekinian yang digemari oleh banyak kalangan, hal ini menjadi gaya hidup baru dikalangan masyarakat tersebut. Dengan adanya tren ini, banyak merek kopi kekinian yang bermunculan. Dalam membeli suatu produk, apalagi yang sedang ramai dibicarakan, konsumen akan memilih merek yang sudah biasa dijumpai atau merek yang sudah mereka percayai, hal ini berkaitan dengan citra merek dimana konsumen bisa mempercayai merek tersebut dan akhirnya membeli produk dari merek tersebut. Berkaitan dengan pra-survei yang sudah penulis lakukan, sebanyak 50 responden mengetahui adanya brand Janji Jiwa namun untuk membeli produk tersebut mereka akan mempertimbangkan kembali dengan alasan tidak tertarik dengan kopi Janji Jiwa, tidak menyukai kopi, dan untuk responden yang berstatus pelajar dan mahasiswa harga yang ditawarkan cukup mahal. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah citra merek berepengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, apakah gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, bagaimana pengaruh citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada kopi Janji Jiwa di era pandemic Covid-19, dan bagaimana pengaruh citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada kopi Janji Jiwa di era pandemic Covid-19 dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui pengaruh citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian di era pandemic Covid-19, dan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian di era pandemic Covid-19 dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan unknown population. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara membagikan kuesioner kepada 100 responden yang sesuai dengan kriteria yang sudah peneliti tetapkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang diolah dengan program Partial Least Square (PLS). Peneliti juga mengguna-kan uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh kedua variabel independen terhadap variabel dependen, baik itu secara parsial ataupun simultan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, begitu juga dengan variabel gaya hidup dimana variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel citra merek dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam perspektif ekonomi Islam, variabel citra merek dan gaya hidup yang diterapkan oleh perusahaan dan konsumen sudah sesuai dengan sifat Nabi Muhammad SAW. Kata Kunci: Citra Merek, Gaya Hidup, Keputusam Pembelian, Janji Jiwa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:44
Last Modified: 16 Jun 2022 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19499

Actions (login required)

View Item View Item