PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @lampuung TERHADAP MINAT BERKUNJUNG FOLLOWERS KE SUATU DESTINASI (Survei Pada Followers Akun Instagram @lampuung)

RIKI, WANDOYO (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @lampuung TERHADAP MINAT BERKUNJUNG FOLLOWERS KE SUATU DESTINASI (Survei Pada Followers Akun Instagram @lampuung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL RIKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Di era modern seperti sekarang ini, media sosial Instagram merupakan salah satu media yang sering digunakan dalam aktivitas kegiatan promosi melalui internet. Pengenalan produk melalui media sosial Instagram merupakan sumber informasi yang dapat menarik minat berkunjung pada konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah media sosial Instagram @lampuung berpengaruh terhadap minat berkunjung followers ke suatau destinasi?. Serta penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media sosial Instagram @lampuung berpengaruh terhadap minat berkunjung followers ke suatu destinasi. Penelitian ini menggunakan metodologi dan pendekatan kuantitatif, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang mana data tersebut diperoleh melalui bantuan instrumen penelitian yang berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh followers dari media sosial Instagram @lampuung yaitu sebanyak 449.000 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 100 responden. Proses analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji t dan koefisien determinasi dengan Media Sosial sebagai variabel independen (X) dan Minat Berkunjung sebagai variabel dependen (Y). Hasil perhitungan dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25 dan menguji hipotesis dengan taraf signifikansi sebesar 5% yang menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji parsial (Uji t), variabel Media Sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung. Hal ini dapat dilihat dari signifikansi Media Sosial yaitu sebesar 0,000 < 0,005 dan juga dapat dilihat dari thitung sebesar 8,132 > 1,984. Kemudian, hasil penelitian dalam perspektif ekonomi Islam menunjukkan bahwa telah sesuai dengan syariat-syariat Islam yang mana sesuai dengan variabel yang ada pada penelitian ini. Kata Kunci : Media Sosial, Minat Berkunjung ABSTRACT In the modern era like today, Instagram social media is one of the media that is often used in promotional activities through the internet. Product introduction through social media Instagram is a source of information that can attract consumers to visit. The formulation of the problem in this study is whether Instagram @lampuung social media has an effect on followers' interest in visiting a destination?. And this study aims to find out whether Instagram @lampuung social media has an effect on followers' interest in visiting a destination. This study uses a quantitative approach and methodology, the type of data used in this study is primary data where the data is obtained through the help of research instruments in the form of a questionnaire. The population in this study were all followers of the Instagram @lampuung social media as many as 449,000 and the sample used in this study was 100 respondents. The data analysis process uses simple linear regression analysis, t test and coefficient of determination with Social Media as the independent variable (X) and Visiting Interests as the dependent variable (Y). The results of the calculations in this study use SPSS 25 and test the hypothesis with a significance level of 5% which indicates that based on the results of the partial test (t test), Social Media variables have a positive and significant effect on visiting interest. This can be seen from the significance of Social Media, which is 0.000 < 0.005 and can also be seen from the tcount of 8.132 > 1.984. Then, the results of the research in the perspective of Islamic economics show that it is in accordance with Islamic sharia which is in accordance with the variables in this study. Keywords: Social Media, Interest in Visiting

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:29
Last Modified: 10 Jun 2022 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19460

Actions (login required)

View Item View Item