EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA VIDEO ANIMASI BERMUATAN AYAT AL-QURAN BERBANTUAN OUTPUT YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

ELYANA, DEWI (2022) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA VIDEO ANIMASI BERMUATAN AYAT AL-QURAN BERBANTUAN OUTPUT YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ELYANA DEWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA VIDEO ANIMASI BERMUATAN AYAT AL-QURAN BERBANTUAN OUTPUT YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Oleh: ELYANA DEWI Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berupa video animasi bermuatan ayat Al-Qur’an berbantuan Output YouTube terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Tegineneng. Menggunakan metode Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik X MIPA di SMA Negeri 1 Tegineneng. Teknik pengambilan sampel adalah dengan metode pembelajaran Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran video animasi bermuatan ayat Al-Qur’an berbantuan Output YouTube, pada kelas kontrol proses pembelajaran menggunakan media powerpoint. Pengujian hipotesis menggunakan uji-T dengan taraf signifikan 5%. Sebelum melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan uji liliefors. Penelitian ini memperoleh uji normalitas untuk pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol normal. Dengan keduanya memiliki uji homogenitas yang bersifat homogen. Memiliki nilai N-gain denga kategori tinggi. Dan dilakukan uji-T dengan hasil kesimpulan H0 ditolak dan diuji keefektifitannya dengan menggunakan uji effect size dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa video animasi bermuatan ayat Al-Quran berbantuan output YouTube efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil belajar dan video animasi iii ABSTRACT THE EFFECTIVENESS OF LEARNING MEDIA IN THE FORM OF ANIMATIONAL VIDEOS CONTAINED AL-QURAN VARIES ASSISTED BYOUTPUT YOUTUBE ON STUDENTS' LEARNING OUTCOMES By: ELYANA DEWI The pupose of study to determine the effectiveness of learning media in the form of animated videos containing Al-Qur'an verses assisted by YouTube outputs on participants' learning outcomes studied at SMA Negeri 1 Tegineneng. Using the method Quasy Experimental Design. The population in this study were all X MIPA students at SMA Negeri 1 Tegineneng. The sampling technique used is the learning method Purposive Sampling. The sample in this study was MIPA 1 as the sample class and class X MIPA 2 as the control class. The learning process in the sample class uses animated video learning media containing Al-Qur'an verses assisted by YouTube Output, in the control class the learning process usesmedia powerpoint. Hypothesis testing using T-test with a significant level of 5%. Before carrying out the prerequisite test, named the normality test and homogeneity test using the test Liliefors. This study obtained a normality test for pretest and posttest in the experimental and normal control classes. Both of them having a homogeneity test that homogeneous. Has an N-gain value with a high category. And test-T with the conclusions of Ho rejected and tested by using test effectivennesa effect size with high category. Based on the results of the study, it can be concluded that the learning media in the form of animated videos containing Al-Quran verses assisted by output is YouTube effective on student learning outcomes. Keywords: Learning outcomes and animated videos

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:36
Last Modified: 03 Jun 2022 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19360

Actions (login required)

View Item View Item