TREN, PELUANG, DAN TANTANGAN E�LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA: TINJAUAN LITERATUR BIBLIOMETRIK

FITRIYANI, Samurik (2022) TREN, PELUANG, DAN TANTANGAN E�LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA: TINJAUAN LITERATUR BIBLIOMETRIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FITRIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pemetaan visualisasi jaringan, visualisasi overlay dan visualisasi densitas, visualisasi hubungan antar penulis, serta rekomendasi tren, peluang dan tantangan e-learning dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif berupa bibliometrik dengan jenis penelitiannya deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 800 artikel jurnal dari empat kata kunci diantaranya e-learning, physics learning, physics education dan science education yang diperoleh dari database scopus pada kurun waktu 2019-2021. Adapun sampel yang digunakan ialah 44 artikel jurnal. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada visualisasi jaringan topik paling banyak diteliti yang berhubungan dengan platform e�learning dalam pembelajaran fisika adalah classroom. Pada visualisasi overlay terlihat bahwa penelitian terbaru ialah topik yang berkaitan dengan e-learning, university, pandemic, covid dan challenge. Sedangkan pada visualisasi densitas terlihat ada celah topik untuk diteliti kedepannya adalah topik yang berkaitan dengan Augmented Reality (AR). Penulis yang memiliki hubungan kuat dengan penulis lainnya yaitu song yang. Sehingga tren dalam penelitian ini classroom. Topik yang berpeluang untuk di teliti selanjutnya teknologi Augmented Reality (AR). Tantangan yang dihadapi saat mengaplikasikan teknologi ini dalam pembelajaran terletak pada kesulitan teknisnya yang menyebabkan pendidik enggan untuk menggunakannya. Kata kunci: analisis bibliometrik, e-learning, pembelajaran fisika, dan VOSviewer

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:27
Last Modified: 02 Jun 2022 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19359

Actions (login required)

View Item View Item