EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN HOA (HANDS ON ACTIVITY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK DI MAN 2 LAMPUNG UTARA

ANY, PUSPITA SARI (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN HOA (HANDS ON ACTIVITY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK DI MAN 2 LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB I & II.pdf] PDF
Download (804kB)
[thumbnail of SKRIPSI ANY PUSPITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berpikir kritis adalah proses untuk menganalisis atau mengevaluasi informasi secara cerdas karena dapat meningkatkan kecerdasan peserta didik. Berdasarkan hasil pra penelitian semester ganjil kelas XI MAN 2 Lampung Utara padahari rabu tanggal 22 juli 2020, menunjukan bahwa rendahnya kemampuan berpikir kritis dapat dilihat dari cara mereka mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan, menganalisis, mengevaluasi, menyimpulkan dan memberikan penjelasan sederhana pada saat pembelajaran berlangsung salah satu contohnya yaitu peserta didik diberikan soal yang mampu menjawab dengan kemampuan berpikir kritisnya tinggi akan menyelsaikan soal dengan baik,berbeda dengan peserta didik yang mmeiliki kemampuan berpikir kritisnya rendah,mereka akan mengalami kesulitan dalam menyelsaikan soal dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Hands On Activity terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik di MAN 2 Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN 2 Lampung Utara.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, dengan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Metode analisis data menggunaka uji menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov pada program SPSS 17.00 dan uji homogenitas menggunakan uji Levent. Dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji manova multivarian test pada SPSS 23 dan uji effect size. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil bahwa, uji N-Gain dikelas kontrol rata-rata sebesar 78,5, dan kelas eksperimen sebesar 81,5, pada uji hipotesis diperoleh 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, serta hasil uji effect size dengan kategori sedang. Artinya bahwa model HOA (Hands On Activity) terhadap kemampuan berpikir kritis fisika iii peserta didik efektif. Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Hands On Activity, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 May 2022 02:39
Last Modified: 12 May 2022 02:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19082

Actions (login required)

View Item View Item