PENGEMBANGAN POCKET BOOK BERBASIS MIND MAPPING BERBANTUAN ANDROID PADA MATERI SUHU DAN KALOR

PUTRI, WIJAYANTI (2022) PENGEMBANGAN POCKET BOOK BERBASIS MIND MAPPING BERBANTUAN ANDROID PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi Putri full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran pocket book fisika pada materi kalor dari validator dan untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran menggunakan pocket book berbasis mind mapping berbantuan android. Penelitian berikut ini adalah penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan ahli IT untuk menguji kualitas dari media pembelajaran pocket bookpada materi suhu dan kalor. Penelitian ini menghasilkan produk berupa pocket book pembelajaran fisika, yang layak untuk digunakan berdasarkan penilaian dari 2 validator ahli materi memperoleh penilaian 82,97%, 2 validator ahli media memperoleh penilaian 82,38%, 1 penilaian Ahli IT memperoleh penilaian 91,8%. Respon pendidik memperoleh nilai 94,02% dan peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh nilai persentase 88,48% dan uji coba lapangan memperoleh 86,53%. Dapat disimpulkan bahwa Media PembelajaranPocket Book Berbasis Mind Mapping Pada Materi Suhu dan Kalorsangat layak dan mendapatkan respon positif untuk dijadikan sebagai media pada proses pembelajaran. Kata kunci: Media Pmbelajaran , Pocket Book , Mind Mapping iii ABSTRACT The purpose of this study was to determine the feasibility of the pocket book physics learning media on heat material from the validator and to determine the responses of educators and students in learning using mind mapping-based pocket books with the help of android. The following research is an R&D research that adopts the development of Borg & Gall. The data collection instrument used in this study was in the form of a questionnaire given to material experts, media experts and IT experts to test the quality of pocket book learning media on temperature and heat materials. This research produces a product in the form of a physics learning pocket book, which is feasible to use based on the assessment of 2 material expert validators receiving an 82.97% assessment, 2 media expert validators receiving an 82.38% assessment, 1 IT expert assessment obtaining a 91.8% rating. The teacher's response scored 94.02% and the students in the small group trial got a percentage score of 88.48% and the field trial got 86.53%. It can be concluded that the Pocket Book Learning Media Based on Mind Mapping on Temperature and Heat Materials is very feasible and gets a positive response to be used as a medium in the learning process Keywords: Learning Media, Pocket Book, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:35
Last Modified: 26 Apr 2022 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19001

Actions (login required)

View Item View Item