STUDI META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Lili, Rahmawati (2022) STUDI META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui seberapa besar kontribusi agar mengetahui seberapa besar kontribusi terkait pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran fisika, jenjang pendidikan dan seberapa besar kontribusi berdasarkan wilayah. Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data diambil dari lima tahun terakhir, yang dilakukan di database Scopus, Google Scholar, ERIC (Education Resources Information Center) dan Public;s or Perish. Hasil dari keseluruhan pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran fisika atau sains mampu meningkatkan pembelajaran peserta didik dari jenjang Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) maupun sekolah menengah atas (SMA). Simpul penelitian ini adalah bahwa Model Project Based Learning (PjBL) dilihat dari hasil rata-rata model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta terhadap effect size sebesar 0.619. Besar pengaruh berdasarkan jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) maupun sekolah menengah atas (SMA) memiliki nilai effect size sebesar 0.68. Besar pengaruh terhadap wilayah Sumatera menjadi wilayah yang tertinggi dengan besaran effect size 0.74 sehingga mampu meningkatkan hasil peserta didik pada kelompok eksperimen. Kata kunci: Project Based Learning (PjBL), Berpikir Kreatif, Fisika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:09
Last Modified: 22 Apr 2022 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18955

Actions (login required)

View Item View Item