PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU MUHAMMADIYAH SUKARAME TAHUN AJARAN 2017/2018

Julita, Nia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU MUHAMMADIYAH SUKARAME TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (67MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap hasil belajar IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah. Rumusan Masalah yaitu Seberapa besar pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap hasil belajar IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MI Terpadu Muhammadiyah menggunakan dua kelas yang berjumlah masing-masing 20 siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan thitung memperoleh nilai 16,90747dan ttabel adalah 1,6860 sehingga hasilnya thitung > ttabel yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat diketahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap hasil belajar IPA kelas V MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame. Hal ini terlihat pada rata-rata nilai hasil belajar IPA model pembelajaran inside outside lebih tinggi dari pada nilai hasil belajar IPA model pembelajaran true or false.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:32
Last Modified: 06 Nov 2017 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1886

Actions (login required)

View Item View Item