PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA TERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA

ELFA, SARI HANDAYANI (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA TERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil studi pendahuluan menyatakan bahwa bahan ajar digital yang tersedia belum maksimal melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Bahan ajar yang dikembangkan perlu menggunakan pendekatan STEM sebagai pendukung untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-modul fisika dan respon pendidik serta peserta didik terhadap kelayakan e-modul fisika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) ini menggunakan langkah-langkah penelitian 4- D menurut Thiagarajan yaitu (Define, Design, Development, and Dissemination) hanya sampai tahap ketiga. E-modul dilengkapi dengan kuis interaktif, video, simulasi, materi, dan soal evaluasi. Analisis data validasi, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pengembangan e-modul fisika terintegrasi STEM untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan ahli IT dikategorikan sangat layak dilihat dengan persentase validasi ahli materi 98%, ahli media 87,70%, dan ahli IT 97,5%. Pendidik dan peserta didik memberikan respon positif terhadap kemenarikan e-modul fisika dengan respon pendidik 89,33%, uji coba kelompok kecil 90%, dan uji coba lapangan 88% dapat dikatakan e-modul fisika terintegrasi STEM untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi gelombang bunyi dan cahaya sangat layak dijadikan sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran. Kata Kunci: Berpikir Kritis, E-Modul Fisika, Pendekatan STEM iii ABSTRACT The results of the preliminary study state that the available digital teaching materials have not been able to train students' critical thinking skills. The teaching materials developed need to use the STEM approach as a support to train students' critical thinking skills. This study aims to determine the process of developing physics e�modules and the responses of educators and students to the feasibility of physics e-modules. This research is a type of Research and Development (R&D) research using 4-D research steps according to Thiagarajan, namely (Define, Design, Development, and Dissemination) only until the third stage. The e-module is equipped with interactive quizzes, videos, simulations, materials, and evaluation questions. Validation data analysis, small group trials and field trials using a Likert scale. Based on the results of the study, it was found that the development of an integrated STEM physics e-module to train critical thinking skills on sound and light waves. Based on the assessments of material experts, media experts, and IT experts, it is categorized as very worth seeing with the validation percentage of material experts 98%, media experts 87.70%, and IT experts 97.5%. Educators and students gave a positive response to the attractiveness of the physics e�module with 89.33% educator responses, 90% small group trials, and 88% field trials. It can be said that the STEM integrated physics e�module to train critical thinking skills on wave material Sound and light are very worthy of being used as teaching materials in the learning process. Keywords: Critical Thinking, Physics E-Module, STEM Approach

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:50
Last Modified: 18 Apr 2022 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18851

Actions (login required)

View Item View Item