STUDI META-ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SAINS

DINA, ALIATUNNISA (2022) STUDI META-ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SAINS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran Project Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada pengerjaan proyek. Dengan adanya penugasan proyek ini membuat peserta didik merasa lebih tertantang, Project Based Learning juga memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk bekerja sama dan melakukan presentasi dengan lebih baik. Sehingga berdampak pada keterampilan komunikasi sains. Melalui meta analisis, penelitian ini membahas model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi sains. Peneliti menggunakan desain eksperimental dengan teknik meta analisis, penelitian telah dilakukan dengan mengumpulkan artikel dari Google Scholar dan Scopus sebanyak 72 artikel antara tahun 2015-2021 yang diperoleh kemudian dipilih 10 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan dianalisis melalui 4 tahap, yaitu : 1) perumusan masalah, 2) pengumpulan dan penilaian data, 3) analisis dan penafsiran data, 4) laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar efek model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi sains memberikan hasil yang positif dengan rata-rata effect size sebesar 1.556 dengan kategori tinggi. Berdasarkan jenjang pendidikan besae effect size pada tingkat SD (0.310), SMP (1.565), SMA (1.261), dan Perguruan Tinggi (2.238). Ukuran efek model Project Based Learning lebih besar ketika digunakan untuk periode waktu yang lebih pendek dari pada periode yang lebih lama yaitu durasi pembelajaran selama satu semester. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model Project Based Learning efektif dan bisa menjadi alternatif dalam peningkatkan keterampilan komunikasi sains. Kata Kunci : Meta Analisis, Project Based Learning, Keterampilan Komunikasi Sains iii ABSTRACT Project Based Learning model is a learning model that emphasizes project work. With this project assignment, student feel more challanged, Project Based Learning also provides opportunities for students to work together and make better presentations. So it has an impact on science communication skills. Through meta-analysis, this study discusses the Project Based Learning model in improving science communication skills. The researcher uses an experimental design with meta-analysis techniques, the research has been carried out by collecting as many articles from Google Scholar and Scopus as 72 articles between 2015-2021 obtained, then 10 articles that met the inclusion criteria were selected and analyzed through 4 stages, namely: 1) problem formulation, 2) data collection and assessment, 3) analysis and interpretation data, 4) research report. The results showed that the large effect of the Project Based Learning in improving science comunication skills gave positive result with an avarage of effect size is 1.556 with high category. Based on the level of education, the effect size at the elementary school (0.310), junior high school (1.565), high school (1.261), and university (2.238) levels. The effect size of the Project Based Learning model is greater when used for a shorter period of time than for a longer period, namely the duration of learning for one semester. The shows the conclusion that the Project Based Learning model is effective and can be an alternative in improving science communication skills. Keywords : Meta analysis, Project Based Learning, Science Communication Skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:42
Last Modified: 13 Apr 2022 04:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18788

Actions (login required)

View Item View Item