ANALISIS MANAJEMEN PRODUKSI HOME INDUSTRY TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Home industry Kerupuk “Cangek/Gendar” Desa Serdangkuring Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan)

MELIYANA, M (2022) ANALISIS MANAJEMEN PRODUKSI HOME INDUSTRY TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Home industry Kerupuk “Cangek/Gendar” Desa Serdangkuring Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Meliyana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berjalan nya suatu usaha tidak lepas dari pentingnya sebuah strategi untuk dapat mempertahankan suatu keunggulan kompetitifnya guna meningkatkan pendapatan. Produksi adalah pekerjaan yang memelurkan kesungguhan usaha manusia pengorbanan yang besar, dan kekuatan yang terpusat dalam lingkungan tertentu untuk mewujudkan daya guna material dan spiritual. Home industry adalah semua kegiatan ekonomi berupa pengolahan barang menajadi bernilai tinggi untuk penggunanya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi manajemen produksi pada usaha kerupuk cangek/gendar desa serdang kuring dan bagaimana implementasi manajemen produksi dalam meningkatkan pendapatan usaha dalam perspektif ekonomi islam. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui implementasi manajemen produksi pada usaha kerupuk cangek/gendar Desa Serdangkuring Way Kanan, dan implementasi manajemen produksi dalam meningkatkan pendapatan usaha dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa home industry kerupuk cangek/gendar desa serdangkuring ini menerapkan fungsi manajemen yaitu : perencanaan: merencanakan bahan baku yang akan diproduksi, modal untuk usaha kerupuk cangek/gendar, peralatan yang digunakan pada saat produksi, dan target produksi pada saat memasarkan produk. Pengorganisasian: adanya struktur organisasi pembagian kerja. Pelaksanaan produksi: melaksanan dari perencanaan dan pengorganisasian yang telah dibentuk sebelumnya. Pengendalian: adanya pengawasan dan motivasi untuk karyawan serta pengendalian terhadap proses produksi. Namun untuk manajemen keuangan pada usaha kerupuk cangek/gendar belum memiliki laporan keuangan yang baik dan benar. Menurut ekonomi islam bahwa produksi usaha kerupuk cangek/gendar ini telah sesuai dengan kaidah islam.dengan adanya penerapan empat fungsi manajemen yaitu : perencanaan: bahan baku yang digunakan tidak mengandung unsur haram, modal tidak dari meminjam atau berhutang dan tidak mengambil keuntungan yang lebih, pengorganisai: mengatur dan menempatkan karyawanya sesuai dengan kemampuanya masing�masing dan tidak ada pemaksaan kerja. Kepemimpinan: menjadi iii pemimpin yang amanah dan adil. Pengendalia:melakukan evaluasi dan motivasi kepada karyawan. Kata kunci: Manajemen produksi, home industry, pendapatan usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Mar 2022 04:08
Last Modified: 24 Mar 2022 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18555

Actions (login required)

View Item View Item