PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS DONATUR INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI) DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

DANI, KURNIAWAN (2022) PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS DONATUR INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI) DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 5, DAPUS   DANI KURNIAWAN.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  DANI KURNIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di Negara Indonesia terdapat beberapa lembaga yang terdaftar di kementrian Agama, salah satunya adalah Inisiatif Zakat Indonesia (IZI). Alasan paling penting mengapa IZI dilahirkan adalah adanya tekad yang kuat untuk membangun lembaga pengelola zakat yang otentik dengan fokus dalam pengelolaan zakat serta donasi keagamaan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas donatur inisiatif zakat indonesia (izi) di kota Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh Hasil uji hipotesis (uji t) pada variabel strategi promosi terhadap loyalitas diperoleh hasil nilai thitung 6,307 dan nilai koefisien strategi promosi menunjukkan angka positif. Dengan demikian strategi promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hasil uji hipotesis (uji t) pada variabel kualitas pelayanan ditunjukkan dengan nilai thitung 5,009 dan nilai koefisien kualitas pelayanan menunjukkan angka positif. Dengan demikian kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas Hasil uji hipotesis secara simultan (uji f) variabel strategi promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas diperoleh hasil positif dan signifikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,974. Sedangkan dalam ekonomi islam dijelaskan bahwa strategi promosi menggunakan prinsip suka sama suka. Ke-giatan donatur dalam menyumbangkan uangnya ke IZI diperbolehkan asalkan suka sama suka, atau ikhlas. Islam juga mengajarkan untuk memberikan layanan terbaik atau berkualitas agar para donatur-donatur IZI selalu setia dalam keikutsertaan kegiatan di IZI termasuk berdonasi. Kata Kunci: Strategi Promosi, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Donatur, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:15
Last Modified: 24 Mar 2022 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18551

Actions (login required)

View Item View Item