PEMANFAATAN MEDIA PEMASARAN ONLINE PADA KEGIATAN JUM’AT BERKAH GUNA MENINGKATKAN LOYALITAS BERSEDEKAH (Studi Yayasan Abulyatama Indonesia Cabang Kota Cilegon)

Intan, Nia Ruhyat (2022) PEMANFAATAN MEDIA PEMASARAN ONLINE PADA KEGIATAN JUM’AT BERKAH GUNA MENINGKATKAN LOYALITAS BERSEDEKAH (Studi Yayasan Abulyatama Indonesia Cabang Kota Cilegon). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI INTAN NIA RUHYAT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Masyarakat Indonesia mayoritas penduduknya beragama Islam, sedekah seharusnya menjadi kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap individu muslim. Yayasan Abulyatama Indonesia adalah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan, sosial dan kemanusiaan yang menghimpun kepedulian umat dalam bentuk infaq, sedekah, zakat dan wakaf untuk kemudian disalurkan melalui program-program pendayagunaan dengan cita-cita menjadi lembaga filantropi yang mampu memberi kontribusi solusi bagi permasalahan umat. Pemanfaatan media pemasaran online dapat dilakukan untuk menigkatkan loyalitas bersedekah pada Kegiatan jum‟at berkah di Yayasan Abulyatama Indonesia Cabang Kota Cilegon karena ditemukannya penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa penggunaan teknologi lebih efektif dari pada metode konvensional. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, mengenai Pemanfaatan Media Pemasaran Online Pada Kegiatan jum’at berkah Guna Meningkatkan Loyalitas Bersedekah (Studi Yayasan Abulyatama Indonesia Cabang Kota Cilegon). Penelitian ini dilakukan di pelataran masjid Al-Haqq Jls. Kota Cilegon Banten sebagai lokasi kegiatan berlangsung. Penelitian ini menggunakan skala guttman dan rumus slovin sebagai penentu besarannya dengan respondennya adalah pengurus dan peserta kegiatan jum’at berkah. Dilakukannya wawancara secara mendalam kepada pengurus dan penyebaran angket secara online kepada para peserta kegiatan jum’at berkah. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan media pemasaran online secara maksimal dapat menigkatkan loyalitas bersedekah pada Kegiatan jum’at berkah di Yayasan Abulyatama Indonesia Cabang Kota Cilegon dimana pengurus dan peserta turut ikut membantu dalam pemasaran kegiatan dari yayasan seperti meneruskan inforrmasi mengenai kegiatan di media sosial yang mereka miliki dan transparansi dana donasi dari pengurus terhadap peserta kegiatan jum’at berkah dapat membuat peserta percaya untuk ikut berdonasi Kata Kunci : Sedekah, Sosial Media, Jum’at berkah, Loyalitas ABSTRACT The majority of Indonesian people are Muslim, alms should be an obligation that must be fulfilled by every individual Muslim. The Abulyatama Indonesia Foundation is a non-profit institution engaged in education, social and humanitarian fields that collects people's concerns in the form of infaq, alms, zakat and waqf to then be distributed through empowerment programs with the aspiration to become a philanthropic institution that is able to contribute solutions to problems. people. Utilization of online marketing media can be done to increase allegiance loyalty in the Friday blessing activity at the Abulyatama Indonesia Foundation, Cilegon City Branch because previous research has found that the use of technology is more effective than conventional methods. This research is descriptive qualitative, regarding the use of online marketing media in Friday blessing activities to increase alms loyalty (Study of the Abulyatama Indonesia Foundation, Cilegon City Branch). This research was conducted in the courtyard of the Al-Haqq mosque Jls. Cilegon City, Banten as the location for the activity. This study uses the Guttman scale and the Slovin formula as a determinant of the amount with the respondents being the administrators and participants of the Friday blessing activities. Conducted in-depth interviews with the management and distributing online questionnaires to the participants of the Friday blessing activities. The result of this study is that the maximum use of online marketing media can increase alms loyalty in the Friday blessing activity at the Abulyatama Indonesia Foundation, Cilegon City Branch where the management and participants also help in marketing activities from the foundation such as forwarding information about activities on social media that they provide. Having and transparency of donation funds from the management to the participants of the Good Friday activity can make participants believe in donating. Keywords: Alms, Social Media, Friday Blessing, Loyalty

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:51
Last Modified: 16 Mar 2022 04:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18502

Actions (login required)

View Item View Item