EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PENALARAN ILMIAH PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA N 1 SUKAU

Sigit, Suharjo (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PENALARAN ILMIAH PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA N 1 SUKAU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1  & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  SIGIT SUHARJO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas penggunaa media pembelajaran google classroom terhadap penalaran ilmiah dalam pembelajaran fisika. Populasi dalam penelitian ini Kelas X IPA di SMA 1 Sukau tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari dua kelas ya itu kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group. Kalas eksperiamen menggunakan media pembelajaran google classroom, kelas control menggunkan pembelajaran konsvensional yang terdapat pada sekolah tersebut. Pengumpulan data menggunakan pretest dan postest penalaran ilmiah. Analisis efektivitas dilakukan dengan menngunakan uji N�Gain dan Uji effect Size. Berdasarkan hasil penelitian mendapatkan nilai rata rata N-gain kelas control 0.0911 dan kelas eksperimen 0.4346 kedua kelas termasuk dalam katagori kecil dan sedang. Hasil uji effect size menunjukan bahwa media google classroom effektif dan masuk dalam katagori sedang dengan nilai 0,3232. Selanjutnya berdasarkan uji-T, terdapat perbedaan antara nilai N-gain kelas kontrol antara kelas eksperimen. Peserta didik yang dilakukan perlakukan dengan mengggunakan media pembelajaran google classroom memiliki hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konsvensional. Sehinga google classroom efektif terhadap penalaran ilmiah peserta didik. Kata Kunci: Google Classroom, Hukum Newton, Penalaran Ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 02:34
Last Modified: 10 Mar 2022 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18358

Actions (login required)

View Item View Item