PENGARUH PRICE, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN ISLAMIC BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2017)

YULINA, ANISA (2022) PENGARUH PRICE, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN ISLAMIC BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2017). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL YULINA.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRACT One of the most commercial developments in Internet technology is e-commerce. In the current proliferation of online trades, there are many societies where fear and uncertainty about spending online.. The study is to understand the impact of price, online customer review, and islamic branding against purchasing decisions on shopee application according to the perspectives of the islamic business studies on student economics and the islamic business. The study was quantitative. A method of data collection conducted by passing a questionnaire to the student. Samples in this study number 50 students from the 2017 faculty of economics and islamic business class in UIN Raden Intan Lampung. Sampling is being taken using random sampling. Data analysis process by using multiple regression analysis with a SPSS 23 data processing tool. Based on the results of the tests, price has a positive and significant impact on the decision of the purchase of the shopee application which is shown by the acquisition of thitung > ttabel (2.461 > 2.013). For the online variable customer review also has a positive and significant impact on purchasing decisions on shopee, this is proved by the acquisition of thitung > ttabel (3.769 > 2.013). Furthermore, the variable Islamic branding has a positive and significant effect on purchasing decisions at the shopee application this is evidenced by the acquisition of the value of tcount > ttable where (2.359> 2.013). Taken together (simultaneously) the results show thatPrice, Online Customer Review, and Islamic Branding can influence Purchasing Decisions on the shopee application, this is evidenced by thef valuecalculated > from the ftable, namely (13.216> 2.80). Based on the test results of the coefficient of determination (R2) obtained the results of R square of 0.463 or 46.3%. This means that the Price ,Online Customer Review and Islamic Branding influentialamounted to 46.3% of the buying decision. The remaining 53.7% is influenced by other factors not included in the study. Keywords: Price, Online Customer Review, Islamic Branding, Purchase Decision, shopee application. iii ABSTRAK Salah satu perkembangan teknologi internet di bidang perdagangan yaitu E-commerce. Disaat maraknya jual beli secara online seperti yang terjadi saat ini, masih banyak masyarakat yang takut dan ragu untuk melakukan belanja secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh price(harga), online customer review, dan islamic branding terhadap keputusan pembelian pada aplikasi shopee menurut perspektif bisnis islam studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2017 UIN Raden Intan Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Proses analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan alat pengolahan data SPSS 23. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa price(harga) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi shopee, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung > ttabel yaitu (2,461 > 2,013). Untuk variabel online customer review juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi shopee, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung > ttabel yaitu (3,769 > 2,013). Selanjutnya, variabel islamic branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi shopee, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung > ttabel dimana (2,359 > 2,013). Secara bersama-sama (simultan) diperoleh hasil bahwa Harga/Price, Online Customer Review, dan Islamic Branding dapat berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada aplikasi shopee, hal ini dibuktikan dengan nilai fhitung > dari ftabel yaitu (13,216 > 2,80). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2 ) diperoleh hasil R square sebesar 0,463 atau 46,3%. Hal ini berarti bahwa Price/Harga, Online Customer Review dan Islamic Branding berpengaruh sebesar 46,3 % terhadap Keputusan Pembelian. Sisanya sebanyak 53,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Kata Kunci : Price(Harga), Online Customer Review, Islamic Branding, Keputusan Pembelian, aplikasi Shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:04
Last Modified: 07 Mar 2022 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18136

Actions (login required)

View Item View Item