PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN BELI DALAM VIRAL MARKETING SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi kasus pada konsumen Dievha Cafe Sumber Jaya Lampung Barat)

LILIS, MUKHLISOH (2022) PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN BELI DALAM VIRAL MARKETING SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi kasus pada konsumen Dievha Cafe Sumber Jaya Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Revisian sesudah sidang.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi melalui media sosial terhadap keputusan daya beli dengan viral marketing sebagai variabel pemediasi (studi kasus pada konsumen Cafe Dievha Sumber jaya Lampung Barat.) Sebagai seorang pemasar hendaknya memperhatikan sopan santun dan etika atau tata cara berkomunikasi yang benar dan sesuai aturan yang sudah ditentukan. Komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia, karena segala gerak dan langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Allah memerintahkan kaum muslimin untuk berbisnis dengan adil, Hal ini merupakan salah satu bentuk akhlak yang harus dimiliki oleh seorang syariah marketer. Sikap adil termasuk di antara nilai-nilai yang telah ditetapkan oleh Islam dalam semua aspek ekonomi Islam. Lawan kata keadilan yakni kezaliman,yaitu sesuatu yang telah diharamkan Allah SWT atas diri�Nya sebagaimana diharamkan-Nya atas hamba-hamba-Nya. Allah SWT mencintai orangorang yang berbuat adil dan membenci orang�orang yang berbuat zalim, bahkan melaknat mereka. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Cafe Dievha Sumber Jaya Lampung Barat . Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu sampling accidental dan jumlah sampel 75 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis jalur (path analisis) dengan aplikasi SPSS versi23. Berdasarkan hasil pengolahan data Adanya promosi yang ditawarkan berinovasi dan dilakukan dengan tepat, promosi tersebut akan menjadi viral di media sosial oleh konsumen Dievha Cafe Sumber Jaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan positif antara promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian. (2) Ada pengaruh signifikan positif antara promosi melalui media sosial terhadap viral marketing. (3) Ada pengaruh signifikan Positif antara promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian dengan viral marketing sebagai variabel intervening. Hubungan promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian sebesar 0,166, sementara pengaruh ii tidak langsung promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian yang dimediasi viral marketing adalah sebesar 0,514. Dari hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa pengaruh tidak langsung yang dimediasi oleh viral marketing lebih besar dari pengaruh secara langsung, sehingga dapat disimpulkan bahwa viral marketing terbukti menjadi variabel yang memediasi pengaruh promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Promosi, Viral Marketing, Keputusan Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 07:49
Last Modified: 04 Mar 2022 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18081

Actions (login required)

View Item View Item