PENGARUH RATING DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI PEMEDIASI PADA MARKETPLACE SHOPEE DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

TIARA, RAMADHANI (2022) PENGARUH RATING DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI PEMEDIASI PADA MARKETPLACE SHOPEE DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TIARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi dan informasi didunia khususnya internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan internet di Indonesia juga telah mempengaruhi stabilitas ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan tatap muka secara langsung, kini dapat diakses dengan mudah hanya menggunakan smartphone. Penelitian ini bertujian untuk menguji pengaruh rating dan online consumer review terhadap minat beli dengan kepercayaan sebagai pemediasi pada marketplace shopee. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemalsuan rating dan online consumer review yang akan mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini juga untuk mengetahui perspektif ekonomi islam terhadap rating, online consumer review, kepercayaan, dan minat beli. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitianini adalah kuesioner yang menggunakan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Raden Intan Lampung yang menggunakan shopee sebaga tempat berbelanja online. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan Quota Sampling. Selanjutnya menggunakan path analysis hasil penelitian menunjukkan bahwa rating dan online consumer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Rating dan online consumer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Kepercayaan memediasi hubungan antara rating dan online consumer review terhadap minat beli. Kata Kunci: Rating, Online Consumer Review, Kepercayaan, Minat Beli, Shopee. iii ABSTRACT Along with the times, technology and information in the world, especially the internet, has developed very rapidly. The development of the internet in Indonesia has also affected economic stability. Various buying and selling transactions that previously could only be done face-to-face, can now be accessed easily using only a smartphone. This study aims to examine the effect of ratings and online consumer reviews on purchase interest with trust as a mediator in the marketplace shopee at Raden Intan Islamic State University, Lampung. This research is motivated byfalsification rating and online consumer reviews which will influence consumer buying interest. This study is also to determine the Islamic economic perspective on ratings, online consumer reviews, trust, and purchase interest. This study uses quantitative data and the data collection method used in this study is a questionnaire using ascale Likert. The population used in this study were students of UIN Raden Intan Lampung who used shopee as a place to shop online. While the sample in this study amounted to 100 respondents and used a sampling technique based on quota sampling. By using path analysis, the results of the study indicate that ratings and online consumer reviews have a positive and significant effect on consumer buying interest. Rating and online consumer reviews have a positive and significant effect on trust. Trust mediates the relationship between rating and online consumer review on purchase intention. Keywords: Rating, Online Consumer Review, Trust, Purchase Interest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:56
Last Modified: 02 Mar 2022 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17923

Actions (login required)

View Item View Item