ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PESAING BISNIS SKINCARE ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Agen Resmi Skincare AMR Glow Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat)

APRITA, SARI (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PESAING BISNIS SKINCARE ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Agen Resmi Skincare AMR Glow Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skrpsi 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Aprita Sari 1751040024.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the marketing strategy of Amr Glow’s official agent in Ngambur sub-district in dealing with online skincare business competitors during the covid-19 pandemic and also tofind out how the Islamic economic perspective on the marketing strategy of Amr Glow’s official agent in dealing with online skincare business competitors during the covid pandemic-19 in Islamic law. This type of research is field research (field research), while the nature of this research is descriptive. The data sources used are primary data and secondary data. By using the observation methoad, the interview methoad (interview), and the methoad of documentation. The number of samples in this study were 15 respondents. Then the data obtained will be processed using data checking methods, data classification, and data interpretation. The results showed that the product marketing strategy carried out by the official agent of amr glow, ngambur sub-district, wes coast district is as follows:a product, in terms of product, the official amr glow agent during the covid-19 pandemic is currently chaning the form of packaging aimet at to be more attractive and more luxurious than the previous packaging, b. Promotion, promotions carried out by official amr glow agents in raising their products through social media including whatsapp, facebook, intagram, twitter, and shope, c. price, the official amr glow agent will cut the price for every purchase of a multie 6 product packages, get a 20% discount in the process of purchasing amr glow product, d. place, the place chosen by amr glow’s official agents is strategically located. in indition, the marketing activities carried out by amr in doing business, and amr glow official agents apply sharia marketing principles in the marketing process of amr glow products. Keywords: Business Competitors, Marketing Strategy, Marketing In Islamic Economics, Islamic Marketing Principles ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran agen resmi amr glow kecamatan ngambur dalam menghadapi pesaing bisnis skincare online pada masa pandemi covid-19 dan juga untuk mengetahui bagaimana perspektif ekonomi islam terhadap strategi pemasaran agen resmi amr glow dalam menghadapi pesaing bisnis skincare online pada masa pandemi covid-19 dalam prinsip ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) sedangkan sifat dari penelitian ini adalah bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengam menggunakan metode observasi, metode wawancara (interview), dan metode dokumentasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 responden. Kemudian data-data yang diperoleh akan diolah menggunakan metode periksaan data, klasifikasi data, dan interprestasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk yang dilakukan oleh agen resmi amr glow kecamatan ngambur kabupaten pesisir barat adalah sebagai berikut : a. produk (product), dalam segi produk agen resmi amr glow pada masa pandemi covid-19 saat ini melakukan perubahan bentuk kemasan yang bertujuan untuk lebih menarik dan lebih mewah dari kemasan sebelumnya, b. promosi (promotion), promosi yang dilakukan agen resmi amr glow dalam memesarkan produknya dengan melalui sosial media meliputi WhatsApp, Facebook, Intagram, Twitter dan Shopee, c. harga (price), agen resmi amr glow melakukan pemotongan harga setiap pembelian kelipatan dari 6 paket produk mendapatkan potongan 20% dalam proses pembelian produk amr glow, d. tempat (place), tempat yang dipilih agen resmi amr glow berlokasikan cukup strategis. Selain itu kegiatan pemasaran yang dilakukan agen resmi amr glow menerapkan prinsip ekonomi Islam sebagaimana yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam berbisnis, dan agen resmi amr glow menerapkan prinsip marketing syariah dalam proses pemasaran produk amr glow. Kata Kunci: Pesaing Bisnis, Strategi Pemasaran, Pemasaran Dalam Ekonomi Islam, Prinsip Marketing Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:10
Last Modified: 25 Feb 2022 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17792

Actions (login required)

View Item View Item