PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN DISKON PADA SITUS WEB ATAUAPLIKASI BOOKING HOTEL ONLINE REDDOORZ TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

LELA, RINDU ASTUTIK (2022) PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN DISKON PADA SITUS WEB ATAUAPLIKASI BOOKING HOTEL ONLINE REDDOORZ TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi Lela Rindu Astutik.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online consumer review dan diskon pada situs web/aplikasi booking hotel online (RedDoorz) terhadap minat beli konsumen. RedDoorz merupakan sebuah perusahaan yang melayani pemesanan kamar berupa jasa akomodasi dan hotel berbasis online sekaligus menjadi manajemen hotel. Minat beli konsumen dalam memesan hotel melalui aplikasi booking hotel online RedDoorz dapat dikatakan masih kurang dan minim. Hal ini dibuktikan dalam survey yang dilakukan oleh DailySocial.id pada tahun 2018, Reddoorz memiliki pengguna 5,73%. Rumusan masalah dalam penelitian ialah Apakah OCR pada aplikasi (RedDoorz) berpengaruh terhadap minat beli konsumen?, Apakah diskon pada aplikasi (RedDoorz) berpengaruh terhadap minat beli konsumen?, Apakah OCR dan diskon pada aplikasi (RedDoorz) secara simultan berpengaruh terhadap minat beli konsumen?, Bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap OCR dan diskon pada aplikasi RedDoorz ? Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 1.567 konsumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Perhitungan dengan menggunakan rumus Slovin, didapat sampel sebanyak 94 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t, uji f dan r 2 ) menggunakan bantuan softwere SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel OCR berpengaruh terhadap minat beli. Semakin baik OCR maka akan semakin tinggi minat beli konsumen. Variabel diskon berpengaruh terhadap minat beli. Semakin besar diskon yang diberikan oleh perusahaan maka akan semakin meningkat minat beli konsumen. Variabel OCR dan diskon berpengaruh simultan terhadap minat beli. Pandangan ekonomi islam terhadap nilai-nilai keislaman yang terkandung dalam OCR dapat dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 6, pandangan ekonomi islam terhadap diskon, diskon diperbolehkan dalam islam. Namun diskon tersebut tidak melanggar etika berbisnis dalam islam. Kata Kunci: Online Consumer Review, Diskon, Minat Beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 06:17
Last Modified: 25 Feb 2022 06:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17773

Actions (login required)

View Item View Item