PENGARUH STRATEGI EXPERIENTIAL MARKETING GUNA MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Rumah Makan Puti Minang Tanjung Senang Bandar Lampung)

SEPTIA, ADE ISNAINI (2022) PENGARUH STRATEGI EXPERIENTIAL MARKETING GUNA MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Rumah Makan Puti Minang Tanjung Senang Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1-5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SEPTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sense dan feel terhadap loyalitas konsumen serta menjelaskan strategi experiential marketing dalam Etika Bisnis Islam pada Rumah Makan Puti Minang, Tanjung Senang, Bandar Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Rumah Makan Puti Minang Tanjung Senang Bandar Lampung. Sampel dihitung dengan menggunakan metode purposive sampling. Total sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan analisis regresi linear berganda. Data diolah dengan menggunakan software SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X1 sense berpengaruh terhadap loyalitas konsumen (thitung = 2,490 > ttabel 1,984), variabel X2 feel tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen (thitung = 1,222 < ttabel 1,984) serta variabel independen antara lain sense dan feel secara simultan (bersama-sama) dan signifikan berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu loyalitas konsumen (Fhitung = 4,059, nilai signifikansi 0,02 < alpha 0,05). Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di Rumah Makan Puti Minang Tanjung Senang, penulis mendapati bahwa dalam proses kegiatan bisnis terkait strategi experiential marketing yang dilakukan oleh Rumah Makan Puti Minang telah sesuai dengan etika bisnis Islam. Sebagaimana seorang Muslim dalam memberikan pelayanan dan sebagainya haruslah berdasarkan nilai-nilai Islam guna mewujudkan nilai ketakwaan sekaligus membuktikan konsistensi keimanannya dalam rangka menjalankan misi syariat Islam. Kata Kunci : Sense, Feel, Loyalitas Konsumen, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 05:39
Last Modified: 25 Feb 2022 05:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17771

Actions (login required)

View Item View Item