PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN 4C SKILLS (CRITICAL THINKING, COLLABORATION, COMMUNICATION, CREATIVITY) PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK PARABOLA

RUDIANTO, Parnadi (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN 4C SKILLS (CRITICAL THINKING, COLLABORATION, COMMUNICATION, CREATIVITY) PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK PARABOLA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RUDIANTO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran abad 21 disebut juga dengan pembelajaran keterampilan 4C skills, yaitu Critical Thinking,Collaboration, Communication,Creativity. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan 4C skills (peserta didik pada materi gerak parabola. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE, dimana model ini terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sampel dalam peneltian ini adalah peserta didik kelas X MIPA di SMA Ma‘arif 03 Bumi Nabung, MA Ma‘arif 14 Bumi Nabung, dan MA Roudlotul Ulum Ma‘arif 13 Seputih Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil validasi oleh validator menunjukan bahwa instrumen 4C skills yang dikembangkan dinyatakan valid dan dapat digunakan. Hasil dari tes instrumen penilaian keterampilan 4C Skills peserta didik pada materi gerak parabola kepada peserta didik kelas X MIPA dengan sampel berjumlah 60 peserta didik, setelah dianalisis presentase peserta didik dalam kategori berpikir kritis 21,7%, presentase peserta didik dalam kategori kurang berpikir kritis 28,3% dan presentase peserta didik dalam kategori sangat kurang berpikir kritis 50%. Sedangkan presentase peserta didik dalam kategori berpikir kreatif 25%, presentase peserta didik dalam kategori berpikir cukup kreatif 40%, dan presentase peserta didik dalam kategori berpikir kurang kreatif 35%. Presentase peserta didik dalam kategori keterampilan kolaborasinya sangat baik 65% dan presentase peserta didik dalam kategori keterampilan kolaborasinya baik 35%. Presentase peserta didik dalam kategori yang keterampilan komunikasinya sangat baik 8,3%, presentase peserta didik dalam kategori yang keterampilan komunikasinya baik 83,3% dan presentase peserta didik dalam kategori yang keterampilan komunikasinya cukup baik 8,3%. Kata kunci : Instrumen Penilaian, 4C Skills, Gerak Parabola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Feb 2022 04:45
Last Modified: 11 Feb 2022 04:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17539

Actions (login required)

View Item View Item