PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN VLOG FISIKA PADA CHANNEL YOUTUBE MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK YANG DIADOPSI DARI OLAHRAGA

JAKA, SURYA (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN VLOG FISIKA PADA CHANNEL YOUTUBE MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK YANG DIADOPSI DARI OLAHRAGA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI JAKA SURYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan di sekolah kini beralih menjadi pembelajaran online, dengan perubahan tempat kegiatan belajar tersebut maka dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran vlog fisika yang visualisasinya menggunakan kegiatan berolahraga, mengetahui kelayakan video pembelajaran, mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan video pembelajaran vlog fisika pada channel youtube menggunakan pendekatan saintifik yang diadopsi dari olahraga. Jenis penelitian yang diguanakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model dari Borg and Gall. Untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan yaitu dengan melakukan validasi kepada 6 ahli atau validator yang dibagi menjadi 3 ahli bagian, yaitu ahli media, ahli IT, dan ahli materi. Untuk mengetahui kepuasan peserta didik maka dilakukan uji kelompok kecil yang diikuti oleh 30 peserta didik. Setelah dilakukan uji coba kelompok kecil selanjutnya dilakukan uji lapangan yang diikuti 167 peserta didik dan 3 guru di SMA Bahrul Ulum, SMK Ibnu Batuta, dan MA Al-Khairiyah Kecamatan Natar. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa video pembelajaran vlog fisika pada channel youtube menggunakan pendekatan saintifik yang diadopsi dari olahraga yang layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian para ahli. 2 validator ahli media memberikan penilaian 84%, 2 validator ahli IT 72,25%, dan 2 validator ahli materi 98%. Peserta didik dan guru puas dengan video pembelajaran yang dikembangkan dengan perolehan nilai 85%, pada penilaian uji kelompok kecil, 94% pada uji lapangan guru, dan 78% pada uji lapangan peserta didik. Kata Kunci : Channel Youtube, Olahraga, Pendekatan Saintifik, Pengembangan Video Pembelajaran, Vlog iii ABSTRACT Learning that should have been carried out in schools has now turned into online learning. With the change in the place of learning activities, it is necessary to use learning media that can support learning. This study aims to produce a vlog that presents physics learning which is visualized using sports activities, to find out the feasibility of learning videos, to find out the responses of teachers and students to the development of physics vlog learning videos on the Youtube Channel using a scientific approach adopted from sports. The kind of research used is development research using the model from Borg and Gall. To determine the feasibility of the product being developed, validation was carried out by 6 experts or validators who were divided into 3 experts, namely media experts, IT experts, and material experts. To determine student satisfaction, a small group test was conducted which was followed by 30 students. After the small group trial was conducted, a field test was then carried out which was followed by 167 students and 3 educators in SMA Bahrul Ulum, MA Al-khairiyah, and SMK Ibnu Batuta in Natar sub-district. This development research produces a physics vlog learning video product on the Youtube Channel using a scientific approach adopted from sports that is suitable for use as a learning medium based on expert judgment. 2 media expert validators gave an assessment of 84%, 2 IT expert validators 72.25%, and 2 material expert validators 98%. Students and educators are satisfied with the learning videos developed with a score of 85%, in the small group test assessment, 94% in the educator field test, and 78% in the student field test. Keywords: Youtube Channel, Sports, Scientific Approach, Developmment Learning Videos, Vlog

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Feb 2022 04:39
Last Modified: 11 Feb 2022 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17538

Actions (login required)

View Item View Item