EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM BERBANTU MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

PRANA, ADHA (2022) EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM BERBANTU MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI PRANA ADHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM BERBANTU MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK Oleh: Prana Adha Kemampuan berpikir kreatif yang merupakan salah satu kemampuan paling dibutuhkan di abad 21, merupakan kemampuan yang dapat dilatihkan melalui pembelajaran. Oleh karenanya, penting bagi pendiidik untuk menerapkan pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi kemampuan berpikir keatif siswa. Quasy Experiment ini hadir untuk mengetahui efektiitas pembelajaran STEM (Science, Technology, Engeneering, and Mathematics) berbantu CPS (Creative Problem Solving) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreati peserta didik. Dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling, diplih 32 peserta didik sebagai subjek penelitian dari kelas eksperimen, dan 34 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif yang mengadopsi indikator berpikir kreatif trefffinger. Berdasarkan hasil uji effect size, didapatkan nilai effect size sebesar 0,69 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kombinasi pendekatan STEM dan model CPS memiliki efektifitas tinggi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Kata kunci : BerpikirKreatif, Creative Problem Solving, STEM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Feb 2022 04:24
Last Modified: 11 Feb 2022 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17536

Actions (login required)

View Item View Item